This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nabila, Auliya' (2024) Studi komparasi tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran PAI dan BP melalui kurikulum kecakapan dasar keagamaan (KDK) dengan kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Auliya' Nabila_06030121075 OK.pdf Download (3MB) |
|
Text
Auliya' Nabila_06030121075 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 8 January 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan BP melalui dua pendekatan kurikulum yang berbeda, yakni Kurikulum KDK dengan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan metode penelitian kuantitatif komparatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII dan VIII yang mengikuti pembelajaran PAI dan BP di SMP Negeri 2 Mojokerto, dengan teknik purposive sampling untuk menentukan dua kelas sebagai sampel. Kelas VII A mewakili Kurikulum KDK sebjumlah 30 anak dan kelas VIII C mewakili Kurikulum Merdeka sejumlah 28 anak. Data dikumpulkan melalui angket yang telah divalidasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data melibatkan statistik deskriptif untuk menggambarkan tingkat partisipasi siswa dan uji t-independen untuk membandingkan tingkat partisipasi antar kurikulum. Dengan permasalahan : 1) Bagaimana tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran PAI dan BP melalui Kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) di SMP Negeri 2 Mojokerto? 2) Bagaimana tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran PAI dan BP melalui Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Mojokerto? 3) Bagaimana komparasi tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran PAI dan BP melalui Kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) dengan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Mojokerto? Hasil penelitian yakni : 1) Tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran PAI dan BP melalui Kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) di SMP Negeri 2 Mojokerto berdasarkan data yang diperoleh dari angket menunjukkan nilai tertinggi partisipasi belajar adalah 79 dan nilai terendah 40 dengan nilai rata-rata sebesar 61,77 dalam kategori “tinggi”yang terletak di interval 56-67. 2) Tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran PAI dan BP melalui Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Mojokerto berdasarkan data yang diperoleh dari angket menunjukkan nilai tertinggi adalah 66 dan nilai terendah 42 dengan nilai rata-rata sebesar 55,43 dalam kategori “sedang” yang terletak di interval 44-55. 3) Komparasi partisipasi peserta didik dalam pembelajaran PAI dan BP melalui Kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) dengan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Mojokerto Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis hipotesis dihasilkan nilai sig (2-tailed) sebesar : 0,007 < 0,05. Dan nilai t hitung diperoleh : 2,811>t tabel 2,00172 ini artinya H0 ditolak dan Ha diterima
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kurikulum Pendidikan Islam |
||||||||||||
Keywords: | Tingkat partisipasi peserta didik; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK); Kurikulum Merdeka | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Auliya' Nabila | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2025 03:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Jan 2025 03:02 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74991 |
Actions (login required)
View Item |