Pengaruh pembelajaran STEAM terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran pendidikan pancasila peserta didik kelas v di SD Yapita Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khairani, Ismi (2024) Pengaruh pembelajaran STEAM terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran pendidikan pancasila peserta didik kelas v di SD Yapita Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismi Khairani_06010721014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 January 2028.

Download (6MB)
[img] Text
Ismi Khairani_06010721014 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu masih banyaknya guru yang masih cenderung menerapkan metode pengajaran ceramah, dan guru belum sepenuhnya memahami pembelajaran STEAM. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V masih sangat kurang. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah, khususnya pada materi yang menuntut analisis dan penerapan konsep. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEAM terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila peserta didik kelas V di SD Yapita Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperiment jenis Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan pada 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sejumlah 58 peserta didik yang terdiri dari kelas V A sebanyak 29 peserta didik, dan kelas V B sebanyak 29 peserta didik. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes yang terdiri dari pretest dan posttest sebanyak 5 butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t Independent Sample T-test dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas serta menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai uji-t Independent Sample T-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang mempunyai arti bahwa nilai tersebut lebih kecil dibandingkan dengan 0,05. Maka jika signifikansi 0,000 < 0,05 dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian untuk mengetahui besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan analisis uji N-Gain yaitu kelas eksperimen sebesar 0,4987 (sedang) > kelas kontrol sebesar 0,3189 (sedang). Jadi dapat disimpulkan dari hasil tersebut bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila peserta didik kelas V di SD Yapita Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khairani, Ismiismi19khairani01@gmail.com06010721014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsa.ac.id2128058301
Subjects: Belajar
Keterampilan
Pancasila
Keywords: Pembelajaran STEAM; kemampuan pemecahan masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ismi Khairani
Date Deposited: 06 Jan 2025 01:20
Last Modified: 06 Jan 2025 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75014

Actions (login required)

View Item View Item