Efektivitas media Fun Thinkers Book terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di MI Roudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilma, Nur Mukhi Budinul (2024) Efektivitas media Fun Thinkers Book terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Mukhi Budinul Ilma_06040720088 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Mukhi Budinul Ilma_06040720088 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 January 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Kondisi ini disebabkan karena proses pembelajaran cenderung menggunakan metode ceramah yang berdampak pada peserta didik mudah bosan, dan guru kurang melakukan inovasi dalam mengembangkan media pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat membantu guru dalam mengembangkan proses pemahaman peserta didik adalah dengan menggunakan media yang menarik dan menyenangkan seperti media Fun Thinkers Book. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media Fun Thinkers Book terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen dalam bentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo dengan menggunakan teknik sampling jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen (IV-A) 22 peserta didik, dan kelas kontrol (IV-B) 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis pilihan ganda berupa pre-test dan post-test, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji instrumen tes pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji-T, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes pemahaman peserta didik setelah diberi perlakuan menggunakan media Fun Thinkers Book di kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 84,09 dibandingkan dengan nilai rata-rata tes pemahaman peserta didik setelah diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas kontrol yaitu sebesar 67,27. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-T (Independent Sample T-Test) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 ˂ 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya, diperoleh hasil perhitungan uji N-Gain score hasil pemahaman peserta didik pada kelas eksperimen memperoleh peningkatan lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 0,76 (kategori tinggi) sedangkan kelas kontrol yaitu sebesar 0,55 (kategori sedang). Penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas media Fun Thinkers Book terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di MI Roudlotul Banat Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilma, Nur Mukhi Budinulnurmukhibudinulilma@gmail.com06040720088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Pancasila
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media Fun Thinkers Book; pemahaman; Pendidikan Pancasila
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Mukhi Budinul Ilma
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:43
Last Modified: 06 Jan 2025 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75047

Actions (login required)

View Item View Item