This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nizam, Ahmad Fakhri (2024) Eksistensi Logo Halal pada produk non pangan di Indonesia perspektif teori kuasa pengetahuan Michel Foucault. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ahmad Fakhri Nizam_07040121069 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ahmad Fakhri Nizam_07040121069 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2028. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas eksistensi logo halal pada produk non-pangan di Indonesia dalam perspektif teori kuasa-pengetahuan Michel Foucault. Awalnya, logo halal hanya berfungsi sebagai penanda keabsahan makanan sesuai syariat Islam. Namun, saat ini logo halal telah mengalami transformasi menjadi komoditas komersial yang melampaui fungsi religiusnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) untuk menganalisis fenomena tersebut, terutama dalam konteks regulasi dan relasi kekuasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi logo halal pada produk non-pangan memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan regulasi di Indonesia. Perubahan undang-undang terkait jaminan produk halal mencerminkan pengakuan terhadap perlindungan konsumen, namun juga menggeser istilah “halal” menjadi komodifikasi yang berujung menjadi komersial. Dalam perspektif Foucault, Regulasi yang diterapkan dalam sistem logo halal berfungsi untuk menormalkan konsumsi masyarakat terhadap produk halal. Sistem normalisasi ini bekerja dengan cara membentuk persepsi dan kebiasaan masyarakat untuk menerima logo halal sebagai standar yang harus dipenuhi oleh produk. Relasi kuasa-pengetahuan terlihat dalam distribusi pengetahuan otoritas antara lembaga yang berwenang, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama (BPJPH), yang mengatur proses sertifikasi halal dan mengendalikan pemahaman serta implementasi logo halal dalam masyarakat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Hukum Islam Islam dan Ilmu Pengetahuan Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||
Keywords: | Logo halal; Produk non-pangan; Michel Foucault; Kuasa- pengetahuan; Regulasi; Normalisasi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam | ||||||||
Depositing User: | Ahmad Fakhri Nizam | ||||||||
Date Deposited: | 07 Jan 2025 01:57 | ||||||||
Last Modified: | 07 Jan 2025 01:57 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75049 |
Actions (login required)
View Item |