Pengembangan mode paper barcode berbasis quizizz dalam evaluasi pembelajaran kosa kata bahasa arab di MIN 2 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurkhasanah, Mufilia (2024) Pengembangan mode paper barcode berbasis quizizz dalam evaluasi pembelajaran kosa kata bahasa arab di MIN 2 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufilia Nurkhasanah_06030721075 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mufilia Nurkhasanah_06030721075 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2028.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan untuk melakukan evaluasi dalam proses pembelajaran menjadi salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh pendidik. Karena evaluasi pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam mengukur sejauh mana tingkat kemajuan dan hasil belajar dari peserta didik. Berdasarkan hasil observasi peserta didik kelas V-A,D,E dan F MIN 2 Mojokerto lebih tertarik dan bersemangat saat mengerjakan evaluasi pembelajaran menggunakan mode paper barcode berbasis quizizz. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan desain pengembangan mode paper barcode berbasis quizizz dalam evaluasi kosa kata bahasa arab (2) Mendeskripsikan kemenarikan hasil pengembangan mode paper barcode berbasis quizizz dalam evaluasi kosa kata bahasa arab (3) Mendeskripsikan kepraktisan mode paper barcode berbasis quizizz dalam evaluasi kosa kata bahasa arab. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) guna menghasilkan produk dan untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan kemenarikan. Model pengembangan yang digunakan peneliti yakni model ADDIE terdiri dari lima tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen untuk mengumpulkan data yang digunakan yaitu catatan lapangan, lembar validasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa validitas alat evaluasi mode paper barcode berbasis quizizz menurut validator ahli media mendapatkan persentase validitas sebesar 76,4% dalam ketegori valid. Menurut ahli evaluasi mendapatkan total validitas sebesar 88,8% dalam ketegori sangat valid. Dan dari ahli kurikulum mendapatkan validitas sebesar 95,8% dalam kategori sangat valid. Untuk kepraktisan mode paper barcode menurut guru mata pelajaran bahasa arab mendapatkan persentase sebesar 95% dan masuk dalam kategori sangat praktis. Sedangkan untuk kemenarikan mode paper barcode menurut peserta didik kelas V-A,D,E dan F mendapatkan persentase sebesar 84,9% masuk dalam kategori sangat menarik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurkhasanah, Mufiliamufikhasanah011101@gmail.com06030721075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Evaluasi
Keywords: pengembangan; mode paper barcode; evaluasi kosa kata
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mufilia Nurkhasanah
Date Deposited: 07 Jan 2025 07:53
Last Modified: 07 Jan 2025 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75139

Actions (login required)

View Item View Item