This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Syaifudin, Syaifudin (2024) Strategi branding lembaga pendidikan non-formal dalam meningkatkan reputasi di Pondok Pesantren al Fatah Temboro Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Syaifudin_06010321018 full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 January 2028. Download (3MB) |
|
Text
Syaifudin_06010321018.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Strategi Branding Lembaga Pendidikan Non-Formal Dalam Meningkatkan Reputasi di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan. Skripsi ini akan membahas beberapa fokus penelitian yang dirumuskan sebagai tujuan utama dari penelitian ini diantaranya, strategi branding Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan dalam upaya meningkatkan reputasi sebagai lembaga pendidikan non-formal, dan implikasi strategi branding oleh Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan dalam meningkatkan reputasi lembaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Sekretaris Yayasan Pondok Al Fatah Temboro, Ketua Pusat Data dan Informasi AL Fatah Temboro, pengurus pondok, perwakilan alumni, perwakilan santri, perwakilan wali santri, dan masyarakat sekitar Pondok Al Fatah Temboro. Peneliti menerapkan metode analisis dan interpretasi data, serta menggunakan triangulasi untuk memastikan keabsahan data penelitian. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa, Pondok Pesantren Al Fatah Temboro berhasil meningkatkan reputasinya melalui strategi branding yang efektif. Kegiatan dakwah oleh jamaah tabligh dan keterlibatan dalam kegiatan sosial-keagamaan memperkuat citra positif pesantren sebagai pendidikan Islam. Kepercayaan masyarakat meningkat melalui hubungan yang erat dengan alumni, promosi melalui multi-platform, serta keunikan program pendidikan seperti pengajaran kitab dan tahfidz Al-Qur'an. Strategi komunikasi multi-saluran melalui media digital meningkatkan visibilitas pesantren, sementara program pendidikan yang berkualitas, integrasi kurikulum komprehensif, dan kegiatan ekstrakurikuler membantu mengembangkan keterampilan santri. Evaluasi berkala terhadap kurikulum juga mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas program pendidikan. Selain reputasi yang kian kuat, meningkatnya jumlah dan prestasi santri, keberadaan santri dan jamaah tabligh menciptakan multiplier effect pada sektor ekonomi dan sosial.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Pendidikan > Pesantren |
||||||||||||
Keywords: | Strategi branding; lembaga pendidikan non-formal; reputasi; Pondok Pesantren | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Syaifudin Syaifudin Syaifudin | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2025 07:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jan 2025 07:09 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75224 |
Actions (login required)
View Item |