This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sa'arani, Nur Hidayah Firdaus (2024) Pengembangan modul PAI berbasis pendidikan karakter menggunakan model ADDIE di SMP Negeri 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nur Hidayah Firdaus Sa'arani_06040121119 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Nur Hidayah Firdaus Sa'arani_06040121119 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 10 January 2028. Download (4MB) |
Abstract
Pada masa yang serba canggih dan dibilang modern seperti sekarang ini seluruhnya telah menggunakan teknologi. Dapat dilihat pada kehidupan sehari-hari anak setiap harinya bisa mengakses internet dengan bebas dan mencari tahu apapun dengan mudah. Namun jika semua itu tidak didasari dengan pendidikan maka akan mengakibatkan krisis moral, kurang disiplin, dan semacamnya. Didasarkan pada kenyataan tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengembangkan bahan ajar berupa e-modul dan modul PAI Berbasis Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Lamongan. . Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan modul PAI berbasis Pendidikan karakter menggunakan model ADDIE di SMPN 1 Lamongan. Bagaimana tingkat validitas Pengembangan Modul PAI Berbasis Pendidikan Karakter menggunakan Model ADDIE di SMP Negeri 1 Lamongan menurut ahli materi dan ahli media, serta bagaimana tingkat fleksibilitas penggunaan bahan ajar modul PAI Berbasis Pendidikan Karakter menggunakan Model ADDIE di SMP Negeri 1 Lamongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Reaserch and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE dengan menggunakan 5 tahapan yakni (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi produk oleh ahli materi dan ahli media melalui lembar angket validasi kelayakan produk diperoleh nilai rata-rata 81,85% dengan kategori valid, dan layak digunakan dengan revisi. Hasil pengisian angket respon guru dan siswa terhadap fleksibilitas penggunaan produk diperoleh nilai rata-rata 84,4% kategori fleksibel dan layak digunakan dengan revisi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi Pendidikan > Pendidikan - Karakter |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan; modul PAI; pendidikan karakter | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nur Hidayah Firdaus Sa'arani | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2025 02:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jan 2025 02:45 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75308 |
Actions (login required)
View Item |