Pengembangan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika materi peluang kelas VI MI NU Waru 1

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mu'afifah, Amrissya Nurul (2024) Pengembangan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika materi peluang kelas VI MI NU Waru 1. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amrissya Nurul Mu'afifah_06030721070 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Amrissya Nurul Mu'afifah_06030721070 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2028.

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan modul ajar berdiferensiasi penting untuk membantu peserta didik mencapai hasil belajar maksimal dengan memenuhi kebutuhan individu. Hasil wawancara dengan guru matematika kelas VI-A di MI NU Waru 1 menunjukkan bahwa guru belum menggunakan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi, terutama dalam mata pelajaran matematika, dan pembelajaran tidak mencakup pembagian kelompok berdasarkan gaya belajar, minat, atau lingkungan sosial peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan modul ajar matematika berbasis pembelajaran berdiferensiasi, 2) Mendeskripsikan kevalidan hasil pengembangan modul ajar matematika berbasis pembelajaran berdiferensiasi, 3) Mendeskripsikan kepraktisan hasil pengembangan modul ajar matematika berbasis pembelajaran berdiferensiasi, 4) Mendeskripsikan keefektifan hasil pengembangan modul ajar matematika berbasis pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) untuk menciptakan dan menguji efektivitas modul ajar yang dikembangkan. Instrumen untuk mengumpulkan data yang digunakan peneliti yaitu catatan lapangan, lembar validasi, lembar angket respon guru, dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul ajar mengikuti langkah-langkah ADDIE. Pada tahap Analysis, dilakukan analisis profil peserta didik dan capaian pembelajaran materi peluang. Di tahap Design, modul ajar dirancang menggunakan Canva dan Google Docs, serta menyusun soal asesmen formatif. Pada tahap Development, modul dibuat dengan diferensiasi proses pembelajaran dan divalidasi oleh ahli materi dan media. Di tahap Implementation, modul diterapkan pada 24 peserta didik kelas VI-A di MI NU Waru 1, disertai pretest, posttest, dan angket respon guru. Pada tahap Evaluation, dilakukan evaluasi dan perbaikan modul. Modul ajar memiliki validitas rata-rata 84,5% dari ahli materi dan 82% dari ahli media, serta kepraktisan 91%, yang keduanya sangat valid dan praktis. Uji efektivitas dengan N-Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan nilai N-Gain 0,41 yang termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulannya, modul ajar berdiferensiasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi peluang di kelas VI MI NU Waru 1.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mu'afifah, Amrissya Nurulamrissya@gmail.com06030721070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pengembangan; modul ajar; berdiferensiasi; matematika
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amrissya Nurul Mu'afifah
Date Deposited: 11 Jan 2025 02:53
Last Modified: 11 Jan 2025 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75352

Actions (login required)

View Item View Item