Pengembangan media cerita berbasis pop-up book untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa pada materi SKI di MIN 2 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ernawati, Novi (2024) Pengembangan media cerita berbasis pop-up book untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa pada materi SKI di MIN 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Ernawati_06040721110.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Novi Ernawati_06040721110_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terbatasnya media pembelajaran di MIN 2 Kota Surabaya, sebagaimana guru hanya menggunakan LKS dan buku paket dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sehingga membuat siswa kurang tertarik dan rendahnya kemampuan literasi membaca siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas 3-B. Tujuan pada penelitian ini, yaitu 1) Untuk menunjukan hasil pengembangan media cerita berbasis pop-up book dengan desain lebih relevan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa pada pembelajaran kerasulan nabi Muhammad SAW SKI di kelas 3 MIN 2 Kota Surabaya. 2) Mengetahui tingkat kelayakan media cerita berbasis pop-up book dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa pada pembelajaran kerasulan nabi Muhammad SAW SKI di kelas 3 MIN 2 Kota Surabaya. 3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajraan dalam penggunaan media cerita berbasis pop-up book untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa pada pada pembelajaran kerasulan nabi Muhammad SAW SKI di kelas 3 MIN 2 Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). ADDIE meliputi 5 tahap yakni analysis (analisis), design (desain), development pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Alat ukur untuk mengetahui kelayakan media menggunakan angket validasi media, pretest, posstest, respon siswa dan respon guru. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan perhitungan uji normalitas, uji paired T, dan skor N-Gain. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa media cerita berbasis pop-up book memperoleh dua nilai validasi ahli media 1 dan 2, nilai validasi dari ahli media 1 sebesar dengan kriteria 80 dengan kategori layak, sedangkan validasi dari ahli media 2 sebesar 82,67 dengan kriteria layak. Kemudian, validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 72 dengan kriteria cukup layak. Berdasarkan hasil tes, media menunjukan keefektifannya dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Hal ini ditunjukan pemerolehan hasil perhitungan mean dari aplikasi SPSS yang bernilai N-Gain 0,5095 yang memiliki kriteria sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ernawati, Novimzmnovie@gmail.com06040721110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawir@uinsa.ac.id2001086501
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsa.ac.id2008088301
Subjects: Nabi Muhammad > Nabi Muhammad Kepemimpinan
Nabi Muhammad
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Media cerita pop-up book; kemampuan literasi; SKI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Novi Ernawati
Date Deposited: 10 Jan 2025 07:34
Last Modified: 10 Jan 2025 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75367

Actions (login required)

View Item View Item