This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fauziyah, Ni'matul (2025) Implementasi program MABIT (malam bina iman dan taqwa) dalam meningkatkan mutu akademik di MI Darussalam Jogosatru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ni'matul Fauziyah_06030321060.pdf Download (3MB) |
|
Text
Ni'matul Fauziyah_06030321060_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 10 January 2028. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi program MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) dalam meningkatkan mutu akademik di MI Darussalam Jogosatru Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan terkait implementasi program MABIT, dampak program MABIT terhadap mutu akademik, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program MABIT dalam meningkatkan mutu akademik di MI Darussalam Jogosatru Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Guru Agama dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 cara, yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles dan Huberman yakni melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, kemudian menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi program MABIT dilaksanakan rutin setiap bulan sekali dengan agenda kegiatan seperti pembelajaran kitab, qiyamul lail, pembiasaan shalat berjamaah, ceramah motivasi, dan muhadharah. Dengan menerapkan metode pembelajaran, seperti bandongan dan wetonan, lalaran, praktik dan kolaboratif. Tujuan utama program ini adalah membina keimanan, ketrampilan, tanggung jawab, dan pengalaman hidup siswa; (2) Dampak program MABIT terhadap mutu akademik siswa tercermin dalam peningkatan pemahaman materi keagamaan, pengembangan keterampilan public speaking, serta membentuk sikap kemandirian, kedisiplinan, dan kepercayaan diri siswa melalui pelaksanaan berbagai agenda yang terdapat dalam program MABIT. (3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program MABIT meliputi komitmen dari guru, peserta MABIT dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah guru yang tidak hadir secara rutin, rasa kurang percaya diri sebagian siswa saat tampil di depan umum, fasilitas yang kurang memadai dan kurangnya pemahaman dari sebagian orang tua mengenai program MABIT.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan | ||||||||||||
Keywords: | mplementasi program MABIT; mutu akademik | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ni'matul Fauziyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2025 08:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jan 2025 08:06 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75370 |
Actions (login required)
View Item |