This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitriyah, Farihatil (2025) Strategi guru akidah akhlak dalam menghadapi tantangan perilaku sosial peserta didik pada abad 21 di MAN Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Farihatil Fitriyah_06010121015.pdf Download (2MB) |
|
Text
Farihatil Fitriyah_06010121015_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 10 January 2028. Download (2MB) |
Abstract
Perubahan sosial merupakan bagian yang sangat penting dari abad 21, perubahan sosial ini sangat diperlukan karena merupakan bagian dari proses pendidikan. Seharusnya kualitas manusia yang dapat bersikap kritis dan memiliki daya saing dalam pendidikan perlu ditingkatkan. Akan tetapi, dalam aspek pendidikan terdapat banyak tantangan kehidupan yang menjadi paling utama dalam abad 21. Oleh karena itu, dalam menghadapi perkembangan zaman dan teknologi, pendidikan harus dapat menyesuaikan diri didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk tantangan perilaku sosial peserta didik yang dihadapi oleh guru Akidah Akhlak pada abad 21, strategi yang digunakan oleh guru Akidah Akhlak dalam menghadapi tantangan perilaku sosial peserta didik pada abad 21, faktor pendukung, penghambat serta solusi dari strategi guru Akidah Akhlak dalam menghadapi tantangan perilaku sosial peserta didik pada abad 21 di MAN Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang dilakukan adalah dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini adalah peserta didik terbawa oleh lingkungan yang individualis, akhlak semakin merosot, menurunnya semangat belajar dan daya saing antar peserta didik, dan lemahnya peserta didik dalam menentukan lingkungan pergaulan atau komunitas. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru Akidah Akhlak menerpakan strategi dengan menanamkan pentingnya belajar sebagai bekal di masa depan, mengajak peserta didik untuk peduli terhadap lingkungan, menggalakkan adab dan budi pekerti, mengaitkan materi Aqidah Akhlak dengan kehidupan nyata (kontekstual), memahami pola pikir peserta didik, menjadikan diri sebagai contoh atau teladan bagi peserta didik, dan berkolaborasi dengan wali murid. Adapun yang menjadi faktor pendukung yaitu, adanya program kegiatan keagamaan, adanya dukungan dari orang tua atau wali murid, dan tersedianya perangkat media pembalajaran dalam menerangkan materi. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu, kurangnya pengawasan orang tua dan kurangnya kesiapan peserta didik dalam menghadapi perubahan kurikulum. Maka solusinya, sesibuk orang tua harus mampu meluangkan waktunya untuk memberikan perhatian dan mengawasi anaknya terutama dalam penggunaan media sosial, guru perlu mendukung peserta didik dalam mengakses internet dengan baik dalam mengerjakan tugas.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Akhlak Guru Perilaku |
||||||||||||
Keywords: | Strategi; guru akidah akhlak; perilaku sosial; abad 21 | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Farihatil Fitriyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:29 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75377 |
Actions (login required)
View Item |