Pengembangan alat ukur literasi digital calon guru pendidikan agama Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makhshun, Toha (2024) Pengembangan alat ukur literasi digital calon guru pendidikan agama Islam. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Toha Makhshun_01040421009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Toha Makhshun_01040421009_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2028.

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi membawa dampak pada dunia pendidikan, literasi digital diperlukan di dunia digital untuk menavigasi informasi. Alat ukur literasi digital yang valid dan reliabel sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi tingkat literasi digital calon guru, guna memastikan mereka memiliki kemampuan yang memadai dalam menggunakan teknologi secara efektif dalam proses pembelajaran. Instrumen ini tidak hanya membantu dalam mengukur pengetahuan dan keterampilan teknis, tetapi juga sikap dan etika dalam penggunaan teknologi. Disertasi ini tentang “Pengembangan Alat Ukur Literasi Digital Calon Guru Pendidikan Agama Islam” bertujuan untuk (1) mengembangkan konstruk alat ukur literasi digital yang tepat untuk mahasiswa calon guru PAI? (2) Goodness of Fit alat ukur literasi digital mahasiswa calon guru PAI? Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan produk akhir berupa Situational Judgment Digital Literacy Scale (SiJaDiLiS), meliputi: (1) fase studi pendahuluan, (2) fase pembuatan desain, (3) fase evaluasi. Instrumen yang dikembangkan terdiri dari Situational Judgment Test (SJT) 40 item dan Forced Choice (FC) 69 item. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Sultan Agung yang sudah menempuh semester 5, jumlah subjek sebanyak 247 subjek penelitian. Analisis dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Jeffeys’s Amazing Statistics Program (JASP) untuk Exploratory Factor Analysis (EFA), dan SmartPls-4 untuk Confirmatory Factor Analysis (CFA) Hasil akhir penelitian ini menunjukkan: Pertama, Secara keseluruhan, konstruk alat ukur literasi digital yang dikembangkan memiliki validitas dan reliabilitas yang baik, serta dapat digunakan secara praktis untuk mengukur literasi digital di kalangan mahasiswa calon guru PAI. Kedua, Hasil uji Goodness of Fit diperoleh ini sebanyak 38 item SJT dan 10 item FC yang dinyatakan baik dan cocok digunakan untuk mengukur lierasi digital mahasiswa calon guru PAI

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makhshun, Tohamahsun.toha@gmail.com01040421009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsa.ac.id2006077202
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@uinsa.ac.id2013107303
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Keywords: Literasi digital; SJT; FC; PAI
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Toha Makhshun
Date Deposited: 10 Jan 2025 08:25
Last Modified: 10 Jan 2025 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75387

Actions (login required)

View Item View Item