This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Amaliah, Rizky (2024) Implementasi pendidikan inklusif di MI Darul Muttaqin Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Rizky Amaliah_06020721061 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Rizky Amaliah_06020721061 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 January 2028. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan Program Pendidikan Inklusif di MI Darul Muttaqin Sukodono Sidoarjo, (2) Pelaksanaan Program Pendidikan Inlusif di MI Darul Muttaqin dan (3) Evaluasi Implementasi Pendidikan Inklusif di MI Darul Muttaqin. MI Darul Muttaqin merupakan satu-satunya lembaga pendidikan ibtida’iyyah yang berbasis swasta di Kabupaten Sidoarjo yang telah menyongsong program Inklusif secara formal. Hal ini dibuktikan dengan adanya SK Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sidoarjo Nomor 142 Tahun 2023 tentang penepatan madrasah Inklusif kabupaten sidoarjo. Pendidikan Inklusif di MI Darul Muttaqin memiliki latar belakang bahwa anak berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan yang layak dengan didampingi oleh tenaga pendidik yang sudah melakukan pelatihan dan bekerjasama dengan salah satu konsultan sekaligus praktisi terapis serta pendiri yayasan pendidikan anak berkebutuhan khusus yang berlokasi di boro tanggulangin sidoarjo. Penelitian yang digunakan di MI Darul Muttaqin merupakan penelitian deskriptif analitik. Dengan subjek penelitian adalah kepala madrasah, Koordinator Program Inklusif dan Guru Pendamping Khusus MI Darul Muttaqin.Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis yang kemudian di absahkan dengan cara triangulasi dan disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang pertama yakni program kerja guru pendamping khusus yang berupa latihan-latihan untuk GPK, perencanaan yang kedua yakni kolaborasi dengan kosultan, guru kelas, guru shadow dan orangtua wali ABK, perencanaan yang ketiga yakni kurikulum yang digunakan dan perencanaan yang terakhir yakni pengelolaan berupa menerapkan jadwal harian untuk menjaga ruang sumber dan pembentukan organisasi struktural. Pelaksanaan dan evaluasi program pendidikan inklusif di MI Darul Muttaqin menunjukkan bahwa kolaborasi, pelatihan, dan kurikulum adaptif adalah kunci keberhasilan. Evaluasi yang komprehensif memastikan bahwa program ini relevan, efektif, dan berkelanjutan dalam mendukung perkembangan ABK baik secara akademik maupun sosial. Program ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan inklusif tetapi juga membangun sinergi antara madrasah, guru, psikolog, dan orang tua.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan - Tunanetra |
||||||||||||
Keywords: | Implementasi; Pendidikan inklusif | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Rizky Amaliah | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2025 04:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2025 04:54 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |