Peran guru dalam pengembangan kurikulum pai dan budi pekerti di SMPN 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musthofa, Prova Imam (2024) Peran guru dalam pengembangan kurikulum pai dan budi pekerti di SMPN 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Prova Imam Musthofa_06020121065 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Prova Imam Musthofa_06020121065 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2028.

Download (1MB)

Abstract

Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam dengan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan mengkaji beberapa masalah diantaranya (1) Peran guru dalam pengembangan kurikulum PAI dan Budi Pekerti di SMPN 26 Surabaya. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kurikulum PAI dan Budi Pekerti di SMPN 26 Surabaya. (3) Dampak pengembangan kurikulum PAI dan Budi Pekerti di SMPN 26 Surabaya. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian bersifat deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mencakup proses kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memaparkan data yang didapat berupa: (1) Peran guru dalam pengembangan kurikulum PAI dan Budi Pekerti di SMPN 26 Surabaya sangat signifikan, dimana guru bertindak sebagai perencana, pelaksana, dan evaluator. (2) Faktor pendukung dalam pengembangan kurikulum ini meliputi dukungan dari pihak sekolah, ketersediaan sumber daya, serta kompetensi dan komitmen guru yang tinggi. Faktor penghambat mencakup keterbatasan sarana dan prasarana, serta kurangnya waktu untuk pelatihan guru. (3) Kurikulum yang dikembangkan memberikan dampak positif pada hasil belajar peserta didik. Implementasi kurikulum ini meningkatkan keaktifan, antusiasme, dan minat peserta didik terhadap pembelajaran, serta berhasil mengubah perilaku mereka secara positif, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perkembangan karakter dan keterampilan akademis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musthofa, Prova Imamprovaimam@gmail.com06020121065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Guru
Manajemen Pendidikan
Keywords: Peran Guru; Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti; SMPN 26 Surabaya.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Prova Imam Musthofa
Date Deposited: 11 Jan 2025 08:16
Last Modified: 11 Jan 2025 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75412

Actions (login required)

View Item View Item