Implementasi pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shinta Maharani, Marsanda (2024) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Marsanda Shinta Maharani_06020121053 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 January 2028.

Download (5MB)
[img] Text
Marsanda Shinta Maharani_06020121053.pdf

Download (5MB)

Abstract

Judul dari skripsi ini yang dilatarbelakangi oleh aspek pentingnya memahami keberagaman gaya belajar peserta didik dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi dianggap sebagai pendekatan yang tepat untuk menyesuaikan metode pengajaran dengan gaya belajar yang berbeda-beda, terutama dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggali penerapan metode tersebut di SMA Negeri 3 Sidoarjo guna mencapai tujuan pembelajaran yang lebih inklusif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Subjek dari penelitian ini ialah Wakil Kepala bidang Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam dan Peserta didik kelas XII F-8. Bentuk kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan dalam penelitian ini melibatkan penyesuaian metode dan media pembelajaran berdasarkan gaya belajar peserta didik, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan berbagai metode seperti Problem Based Learning (PBL), Forum Group Discussion (FGD), dan Role Playing untuk mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik. Peserta didik dengan gaya belajar visual diberikan tugas seperti membuat mind mapping dan menggunakan media pembelajaran berbasis gambar, diagram, dan video. Sementara itu, peserta didik dengan gaya belajar auditori dilibatkan dalam diskusi kelompok dan pemanfaatan rekaman audio untuk mendalami materi, sedangkan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik diberi kesempatan untuk melakukan praktik langsung atau simulasi yang berkaitan dengan materi pelajaran. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, serta menciptakan suasana pembelajaran yang inklusif dan efektif sesuai dengan karakteristik setiap peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shinta Maharani, Marsandamarsandasm@gamil.com06020121053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkah.zakki.fuad@uinsa.ac.id2027047401
Thesis advisorSutikno, Sutiknosutiknohadi808@gmail.com2006086803
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Minat Siswa
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Gaya belajar; kurikulum merdeka; pembelajaran berdiferensiasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marsanda Maharani
Date Deposited: 13 Jan 2025 01:57
Last Modified: 13 Jan 2025 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75426

Actions (login required)

View Item View Item