Pesan dakwah dalam Tabloid Modis: analisis isi Rubrik Profil edisi 22 Januari - 27 aril 2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmatin, Siti (2009) Pesan dakwah dalam Tabloid Modis: analisis isi Rubrik Profil edisi 22 Januari - 27 aril 2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftarisi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini penulis akan membahas tentang pesan dakwah dalam media cetak tabloid modis (Analisis isi rubrik profil edisi 22 Januari – 27 April 2009) dengan dua masalah: (1) Bagaimana pesan dakwah pada rubrik profil tabloid modis edisi 22 Januari – 27 April 2009 ?. (2) Bagaimana pesan dakwah pada rubrik profil ini disampaikan? Dalam penelitian ini penulis menggunakan kualitatif Deskriptif, menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dan dari analisis data yang dihasilkan untuk menjawab permasalahan di atas adalah: (1) Dari metode dan teknik analisis yang digunakan tersebut, maka diperoleh suatu kesimpulan bahwa pesan dakwah yang disajikan dalam rubric profil tabloid modis edisi 22 Januari – 27 April secara general merupakan representasi dari nilai-nilai atau norma-norma yang terkandung dalam ajaran agama Islam. Hal itu didasari oleh adanya materi atau isi yang terdapat dalam rubrik profil tersebut yang secara tidak langsung telah menceritakan tentang problematika hidup di masyarakat dengan menggunakan pendekatan religi (keagamaan) yang disarikan dari sumber-sumber hukum agama Islam. (2) Dan proses penyampaian pesan dakawah yang terdapat dalam rubrik profil tabloid modis.
Dalam penelitian ini, proses penyampaian pesan dakwah pada rubrik profil tabloid modis. Menurut Efendi menyederhanakan fungsi pers dalam penyampaiannya sebagai berikut: (1) Menyiarkan informasi. Ini adalah fungsi pertama dan utama, pembaca membutuhkan informasi tentang berbagai peristiwa, gagasan, pikiran dan perkataan orang lain. (2) Mendidik. Pers (media cetak) memuat tulisan yang mengandung pengetahuan dalam bentuk artikel, tajuk rencana, cerita bersambung, dan sebagainya. Secara emplisit, berita juga berfungsi memberikan pendidikan. (3) Menghibur. Agar tidak tegang dengan berita-berita berat (hard news), pers membrikan karikatur, kisah-kisah dan sebagainya. (4) Mempengaruhi fungsi inilah yang membuat pers memiliki kekuatan besar dalam kehidupan masyarakat. Mempengaruhi. Fungsi inilah yang membuat pers memiliki kekuatan besar dalam kehidupan masyarakat pers (media cetak) membentuk opini publik, mempengaruhi sikap dan tingkah laku masyarakat Untuk lebih jelasnya pada rubrik profil ini menyampaikan suatu pesan dakwah yang secara tidak langsung di gambarkan (ceritakan) oleh beberapa tokoh-tokoh senior baik itu dari kalangan artis, menteri, pengusaha, desainer, dan sebagainya yang mengalami kesuksesan dalam menjalani keriernya dengan tetap memegang prinsip kejalan Allah SWT. Menncakup tiga hal pokok diantaranya : Masalah Keimanan (Aqidah), Masalah KeIslaman (Syariah), dan Masalah Budi Pekerti (Akhlaqul
Karimah). Dengan adanya hasil penelitian ini, peneliti memberikan rekomendasi kepada para peneliti selanjutnya untuk dapat lebih memperdalam hasil penelitian ini. Karena peneliti menyadari sepenuhnya bahwa hasil dari penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan, dengan harapan agar penelitian yang dihasilkan nantinya dapat menjadi lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmatin, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Analisis Isi; Rubrik Profil Tabloid Modis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2009
Last Modified: 11 Jul 2018 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7546

Actions (login required)

View Item View Item