Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis artificial intelligence pada pembelajaran pai dan budi pekerti di SMP Negeri 22 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayatillah, M. Ishom Fahmi (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis artificial intelligence pada pembelajaran pai dan budi pekerti di SMP Negeri 22 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ishom Fahmi Ayatillah_06040121111.pdf

Download (5MB)
[img] Text
M. Ishom Fahmi Ayatillah_06040121111_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 January 2028.

Download (5MB)

Abstract

M. Ishom Fahmi Ayatillah, 06040121111, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI) pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 22 Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing: Dr. Suparto, M. Pd. I dan Anis Sukmawati, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dirancang untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Perangkat yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan media dengan hasil validitas rata-rata ahli materi 87%, dan ahli media 55% menunjukkan kriteria kelayakan yang sangat baik. Hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.005 (p < 0.05) mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran berbasis AI efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi AI dalam pembelajaran mampu menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, adaptif, dan relevan dengan kebutuhan siswa, sehingga memberikan dampak positif terhadap pemahaman materi. Analisis N-Gain menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki efektivitas kategori kurang efektif dengan nilai rata-rata 41,4%, tetapi tetap lebih baik dibandingkan kelas kontrol sebesar 23,9%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis AI mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, mempercepat pemahaman materi, serta menciptakan pengalaman belajar yang interaktif. Dengan demikian, perangkat ini memiliki potensi besar untuk mendukung pembelajaran PAI yang inovatif dan efektif di era digital.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayatillah, M. Ishom Fahmiishomfahmi14@gmail.com06040121111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorSukmawati, Anisanis.sukmawati@gmail.com2016129204
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Tehnik Informatika
Keywords: Artificial intelligence; perangkat pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Ishom Fahmi Ayatillah
Date Deposited: 13 Jan 2025 02:35
Last Modified: 13 Jan 2025 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75474

Actions (login required)

View Item View Item