Penerapan proses pembelajaran internasional and technology class program( ITCP ) dalam membentuk keteramlilan teknologi informasi dan komunikasi siswa di SDIT ABFA Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laily, Tria Nur Cipta (2024) Penerapan proses pembelajaran internasional and technology class program( ITCP ) dalam membentuk keteramlilan teknologi informasi dan komunikasi siswa di SDIT ABFA Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tria Nur Cipta Laily_06020721064 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tria Nur Cipta Laily_06020721064 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 January 2028.

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu prioritas utama dalam dunia pendidikan modern, termasuk di SDIT ABFA Pamekasan. Untuk menjawab tantangan globalisasi dan digitalisasi, sekolah ini mengimplementasikan International and Technology Class Program (ITCP). Program ini bertujuan mengintegrasikan kurikulum internasional, teknologi modern, dan nilai-nilai lokal untuk menciptakan pengalaman belajar holistik yang relevan dengan kebutuhan zaman. Kendati demikian, penerapan ITCP juga menghadapi sejumlah tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan variasi kemampuan siswa dalam menguasai teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi ITCP di SDIT ABFA Pamekasan, dengan fokus pada proses pembelajaran serta kendala dan tantangan yang dihadapi selama penerapannya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Informasi dikumpulkan dari kepala sekolah, guru, siswa, dan wali murid untuk memperoleh data yang komprehensif tentang penerapan program ini. Teknik analis datanya yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran berbasis ITCP diterapkan melalui penggunaan teknologi modern, seperti perangkat pintar dan aplikasi pendidikan, yang mendukung pembelajaran interaktif dan relevan. Program ini juga melibatkan sinergi antara guru, siswa, dan wali murid untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. 2) beberapa kendala ditemukan dalam penerapan, termasuk keterbatasan jaringan internet, kurang optimalnya kompetensi teknologi guru, dan variasi kemampuan siswa dalam memahami teknologi. Untuk mengatasi tantangan ini, disarankan peningkatan pelatihan guru, perbaikan infrastruktur teknologi, dan pengembangan pendekatan pembelajaran yang inklusif. ITCP di SDIT ABFA Pamekasan menjadi langkah inovatif dalam memajukan pendidikan modern yang adaptif terhadap kebutuhan global.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laily, Tria Nur Ciptatriasarma8@gmail.com06020721064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.id2027127302
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Teknologi; TIK; Itcp; Keterampilan; Pendidikan; SDIT ABFA Pamekasan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tria Nur Cipta Laily
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:30
Last Modified: 14 Jan 2025 04:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75587

Actions (login required)

View Item View Item