Efektivitas model pembelajaran cooperative integrated reading composition berbantuan e-book dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi zat aditif di SMPN 14 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Khifdhiani (2025) Efektivitas model pembelajaran cooperative integrated reading composition berbantuan e-book dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi zat aditif di SMPN 14 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khifdhiani Ulya_06021021029 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Khifdhiani Ulya_06021021029 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 January 2028.

Download (5MB)

Abstract

Abad ke-21 ini menuntut penguasaan kemampuan yang lebih kompleks dan multidimensional, di antarannya yaitu literasi sains. Dalam kenyatannya, literasi sains di Indonesia masih tergolong rendah, salah satunya di SMPN 14 Surabaya. Rendahnya literasi sains tersebut salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi dan kurangnya latihan soal berbasis literasi sains. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) berbantuan e-book dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif jenis quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket, serta tes kemampuan literasi sains. Hasil data kemudian dianalisis menggunakan lembar observasi, angket respon, dan tes yang dianalisis menggunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan kedua kelas dan uji paired t-test untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa, serta uji N-gain untuk mengetahui seberapa meningkat kemampuan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya keterlaksanaan pembelajaran dengan model CIRC berbantuan e-book yang dilakukan guru mencapai kriteria sangat baik dengan skor 90,66. Sementara pada aktivitas siswa selama pembelajaran mencapai kriteria sangat aktif dengan skor 88,66, serta respon yang diberikan oleh siswa mendapatkan kriteria sangat positif dengan rata-rata skor 84,78. Data pretest diuji dengan independent sample t-test menunjukkan nilai sig. 0,185 yang berarti tidak ada perbedaan pada kedua kelas, sementara data posttest menunjukkan nilai sig.0,001 yang berarti ada perbedaan pada kedua kelas. Data pretest-posttest kelas eksperimen diuji dengan paired sample t-test mendapatkan nilai 0,000 yang berarti terdapat peningkatan pada kelas eksperimen. Sementara pada uji N-gain kelas eksperimen senilai 0,11 dan kelas kontrol senilai 0,00 yang berarti kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, Khifdhianikhifdhianiulya13@gmail.com06021021029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsa.ac.id2004117403
Thesis advisorUmmah, Khoirotulkhoirotul.ummah@uinsa.ac.id2030059104
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Model pembelajaran cooperative integrated reading composition (CIRC) berbantuan e-book ; kemampuan literasi sains
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Khifdhiani Ulya
Date Deposited: 15 Jan 2025 01:33
Last Modified: 15 Jan 2025 01:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75607

Actions (login required)

View Item View Item