This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Tsabitah, Salsa Putri (2024) Implementasi kegiatan on the job training dalam meningkatkan keahlian kerja siswa Di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Salsa Putri Tsabitah_06020320050.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Salsa Putri Tsabitah_06020320050_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 January 2028. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Implementasi Kegiatan On The Job Training Dalam Meningkatkan Keahlian Kerja Siswa di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai kegiatan on the job training di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo, implementasi kegiatan on the job training dalam meningkatkan keahlian kerja siswa di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kegiatan on the job training di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena – fenomena yang terjadi di lapangan kemudian menggambarkan dalam bentuk kata – kata dan kalimat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Ketua Program On The Job Training, dan Wakil Kepala Sekolah bidang Sarana dan Prasarana. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Implementasi kegiatan OJT di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo berupa magang yang disesuaikan dengan program ekstrakurikuler yang ada di sekolah yakni, tata boga, tata busana, desain grafis, dll. Selain itu OJT juga memberikan banyak manfaat baik itu pada siswa maupun sekolah. (2) Implementasi kegiatan OJT dalam meningkatkan keahlian kerja siswa merupakan pelaksanaan yang bermula dari sebuah rencana yang telah disusun secara sistematis dan terperinci. Adapun kegiatan OJT di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo dapat meningkatkan keahlian kerja siswa dikarenakan dengan siswa merasakan pengalaman kerja, secara tidak langsung hal ini akan dapat meningkatkan keahlian kerja siswa baik itu berupa hard skill dan soft skill. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan OJT di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo berdasarkan hasil temuan penelitian yakni pada faktor pendukung dalam implementasi kegiatan OJT ini yakni adanya pembekalan atau pelatihan keterampilan kepada para siswa sebelum pelaksanaan kegiatan OJT. Sedangkan dalam faktor penghambat yakni tentang pemahaman orang tua atau wali murid yang belum paham akan kegiatan OJT, serta kendala yang dialami oleh murid yakni tidak adanya transportasi serta rasa kurang percaya diri siswa. Namun kendala – kendala tersebut dapat diatasi dengan baik oleh pihak sekolah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan > Peran Guru |
||||||||||||
Keywords: | Implementasi; on the job training; keahlian kerja siswa | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Salsa Putri Tsabitah | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2025 07:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2025 07:50 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |