Pengembangan platform tes gaya belajar mathematic education academic learning style (meals) pada kurikulum merdeka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Jibral Abd (2024) Pengembangan platform tes gaya belajar mathematic education academic learning style (meals) pada kurikulum merdeka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jibral Abdi Maulana_06040421076.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Jibral Abdi Maulana_06040421076_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 February 2028.

Download (10MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada pendidik untuk menerapkan pembelajaran yang terdiferensiasi, salah satunya dengan mengenali gaya belajar peserta didik. Namun, platform tes gaya belajar yang tersedia saat ini memiliki keterbatasan dalam hal aksesibilitas, fitur, dan kemudahan penggunaan, sehingga diperlukan pengembangan platform baru yang lebih relevan dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform Mathematic Education Academic Learning Style (MEALS) untuk mengidentifikasi gaya belajar peserta didik, mengevaluasi validitas, kepraktisan, dan keefektifannya, serta memberikan solusi inovatif bagi pembelajaran terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan observasi. Validasi dilakukan oleh ahli media dan materi, sementara uji coba dilakukan dengan melibatkan peserta didik dan pendidik. Hasil validasi menunjukkan bahwa platform MEALS memiliki kategori "sangat valid" dengan rata-rata skor validitas 4.2 dari nilai maksimum 5. Kepraktisan platform dinilai dari dua aspek yakni praktis secara teori dan praktis secara praktik. Pada aspek praktik secara teori penelitian ini mendapatkan nilai 87,06% dengan arti “Dapat digunakan tanpa revisi” sedangkan pada aspek praktis secara praktik mendapatkan nilai 82.5% dari hasil angket respons peserta didik. Efektivitas platform juga terbukti tinggi, dengan terpenuhinya setiap instrumen observasi yang dilakukan peneliti pada modul ajar pendidik serta observasi langsung pembelajaran di kelas. Platform MEALS merupakan alat yang valid, praktis, dan efektif untuk mengidentifikasi gaya belajar peserta didik, mendukung pembelajaran terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka, serta meningkatkan pengalaman belajar yang personal dan adaptif. Platform ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam pendidikan berbasis teknologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Jibral Abdjiyraclyne05@gmail.com06040421076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsa.ac.id2003017703
Thesis advisorArum, Wahyuni Fajarwahyuni@uinsa.ac.id0518039002
Subjects: Matematika
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: MEALS; gaya belajar; kurikulum merdeka; pembelajaran berdiferensiasi; platform pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jibral Abdi Maulana
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:03
Last Modified: 11 Feb 2025 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75660

Actions (login required)

View Item View Item