This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shafira, Tria Yuli (2024) Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis flipbook materi toleransi kelas VIII di SMPN 3 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Tria Yuli Shafira_06020121071 OK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Tria Yuli Shafira_06020121071 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 27 February 2028. Download (4MB) |
Abstract
Bahan ajar merupakan unsur yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Bahan ajar berperan sangat besar dalam membantu peserta didik mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini dilatar belakangi adanya kekosongan bahan ajar dalam pembelajaran PAI di SMPN 3 Waru. Hal ini dikarenakan adanya perubahan Capaian Pembelajaran yang tidak disertai dengan ketersediaan buku paket. Bahan ajar yang monoton juga seringkali menjadi permasalahan kurangnya minat belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti mencoba mengembangkan bahan ajar yang menarik dan interaktif yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan bahan ajar elektronik berbasis flipbook materi toleransi kelas VIII; 2) mengetahui kevalidan bahan ajar elektronik berbasis flipbook materi toleransi kelas VIII; 3) mengetahui kepraktisan bahan ajar elektronik berbasis flipbook materi toleransi kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD (Research and Development) dengan model ADDIE yang mencakup 5 tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket yang disebarkan kepada ahli materi dan ahli media untuk menilai kevalidannya, serta guru PAI dan peserta didik untuk menilai kepraktisannya. Teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah : 1) produk bahan ajar elektronik berbasis flipbook materi toleransi kelas VIII; 2) kevalidan bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan kategori sangat valid berdasarkan hasil uji validitas oleh ahli materi dengan tingkat persentase 85% dan dari ahli media dengan tingkat persentase 92%,; serta 3) kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan kategori sangat praktis berdasarkan hasil uji kepraktisan produk yang memperoleh nilai dengan tingkat persentase 100% dari guru PAI dan 84% dari peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar elektronik berbasis flipbook materi toleransi kelas VIII ini sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media Teknologi Toleransi |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Bahan Ajar Elektronik; Materi Toleransi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Tria Yuli Shafira | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2025 01:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Feb 2025 01:30 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |