This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitriawati, Annisa (2025) Memahami al-qur’an melalui terjemah : studi terhadap kajian terjemah al-qur’an kalangan menengah atas di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Annisa Fitriawati_07020321036 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Annisa Fitriawati_07020321036 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini meneliti aspek-aspek living Qur’an, berfokus pada penerapan metode terjemah Al-Qur’an sebagai sarana pembelajaran bagi kalangan menengah atas di Surabaya, serta analisis Ulum Qur’an yang mendukung proses pembelajaran tersebut. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode serta praktik yang diterapkan dalam pembelajaran serta resepsi masyarakat muslim kalangan menengah atas di Surabaya terhadap metode terjemah Al-Qur’an yang digunakan. Peserta penelitian rata-rata memiliki keterbatasan dalam pemahaman bahasa Arab, sehingga metode terjemah menjadi pendekatan penting untuk memfasilitasi pemahaman Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan data primer yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer mencakup informasi langsung dari peserta Kajian Terjemah Al-Qur’an di kawasan Citraland, Pakuwon Indah, dan Ketintang Permai serta pengajar dari LPPIQ menggunakan survei purposive sampling. Sementara itu, data sekunder diambil dari literatur dan dokumen terkait metode terjemah Al-Qur’an serta penerapannya dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode terjemah harfiah digunakan sebagai pendekatan utama dalam pembelajaran. Penjelasan secara tafsiriyyah juga digunakan sebagai metode bantuan untuk memahami ayat-ayat Al-Qur’an. Metode ini efektif untuk memberi wawasan pada penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an seperti makna literal, sedangkan metode tafsiriyyah memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai makna yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut dengan melihat konteks sejarah, sosial, dan linguistik, sehingga memungkinkan peserta untuk lebih memahami tujuan wahyu secara lebih menyeluruh. Praktik pembelajaran dilakukan melalui pengulangan ayat, penjelasan tambahan, dan evaluasi partisipatif. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu peserta serta pemahaman bahasa Arab yang masih rendah. Untuk mengatasinya, teknologi seperti sesi daring dan kegiatan Kajian Terjemah Al-Qur’an di luar ruangan diterapkan, yang terbukti meningkatkan partisipasi dan minat peserta.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Belajar Masyarakat Islam Al Qur'an |
||||||||||||
Keywords: | Metode; Terjemah; Al-Qur’an; Kalangan menengah atas; Surabaya | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir | ||||||||||||
Depositing User: | Annisa Fitriawati | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2025 08:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jan 2025 08:38 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |