This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mukaromah, Sa'ida Umi (2025) Efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media wordwall terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi kalor kelas VII di MTs Negeri 3 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Sa'ida Umi Mukaromah_06011021012.pdf Download (4MB) |
|
Text
Sa'ida Umi Mukaromah_06011021012_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 16 January 2028. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VII di MTs Negeri 3 Kota Surabaya. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan konvensional. Hal ini disebabkan kurangnya pengajaran yang diterapkan diterapkan dalam hal berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media wordwall terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi kalor. Penelitian ini menggunakan pretest dan posttest control group design. Desain penelitian menggunakan dua kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri 3 Kota Surabaya Tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, observasi dan angket. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media wordwall yang dilakukan peserta didik terdapat perbedaan yang dilihat dari uji Mann-Whitney dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar 0,5696 sementara pada kelas kontrol sebesar 0,2681 dilihat dari uji N-Gain. Semua indikator berpikir kreatif lebih tinggi di kelas eksperimen. Keterampilan pengelolahan kelas oleh guru memperoleh hasil rat-rata 94 dan aktivitas yang aktivitas peserta didik memperoleh hasil yang sama. Angket respon menunjukkan perolehan hasil yang baik dengan rata-rata 88
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Penelitian Penelitian Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif jigsaw; keterampilan berpikir kreatif; wordwall | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Sa'ida Umi Mukaromah | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2025 06:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Jan 2025 06:22 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75915 |
Actions (login required)
View Item |