تأثير تطبيق وسيلة التعليم (Augmented Reality) لترقية مهارة الاستماع و الكلام لدى طلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى سورابايا.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wiranti, Kurnia Putri (2025) تأثير تطبيق وسيلة التعليم (Augmented Reality) لترقية مهارة الاستماع و الكلام لدى طلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kurnia Putri Wiranti_06040221080.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Kurnia Putri Wiranti_06040221080_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2028.

Download (5MB)

Abstract

MTsN 1 Kota Surabaya khususnya kelas VIII peneliti menemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab terutama dalam keterampilan mendengar dan berbicara dan belum digunakan media yang modern dan sesuai dengan materi hanya menggunakan buku sebagai media, oleh kare itu menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi terkait mendengar dan berbicara. Siswa lebih senang jika media yang digunakan modern dan sesuai dengan materi yang dipelajari. Dengan demikian peneliti menggunakan media pembelajaran (Augmented Reality) sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan mendengarkan dan berbicara siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Surabaya sebelum menggunakan media pembelajaran (Augmented Reality), mengetahui penerapan media pembelajaran (Augmented Reality) untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Surabaya, dan mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran (Augmented Reality) untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dan dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi. dokumentasi, dan tes. Sampel peneliti berjumlah 28 siswa kelas VIII B di MTsN 1 Kota Surabaya. Adapun hasil penelitian ini adalah untuk keterampilan mendengar nilai Sig (0,008) lebih kecil dari 0,05 dan nilai t-hitung (2,855) lebih besar dari t-tabel (2,056) dan ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk keterampilan berbicara nilai Sig (0,013) lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung (2,672) lebih besar dari t tabel (2,056) dan ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran (Augmented Reality) untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wiranti, Kurnia Putrikurniaaaaptr@gmail.com06040221080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Thesis advisorJannah, Ida Miftakhulidamj@uinsa.ac.id2006088002
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Media pembelajaran; augmented reality; keterampilan mendengarkan dan berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Kurnia Putri Wiranti
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:52
Last Modified: 16 Jan 2025 05:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75916

Actions (login required)

View Item View Item