تحليل خدمات التعلم المتمايز على أساس أساليب تعلم الطلاب في تعليم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الحكومية الواحدة سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Desi Yati Wulan (2025) تحليل خدمات التعلم المتمايز على أساس أساليب تعلم الطلاب في تعليم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الحكومية الواحدة سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desi Yati Wulan Cahyani_06040221076 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 January 2028.

Download (4MB)
[img] Text
Desi Yati Wulan Cahyani_06040221076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana bentuk layanan pembelajaran berdiferensiasi di MTsN 1 Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui bagaiman bentuk layanan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar siswa di MTsN 1 Sidoarjo, 3) hambatan dan solusi terhadap layanan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar siswa di MTsN 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta mengikuti model analisis data lapangan Miles dan Huberman. Populasi penelitian ini meliputi siswa kelas 8-B tahun 2024-2025, dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas 8-B di MTsN 1 Sidoarjo sudah berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran yang dibuat, tetapi dalam pembelajaran yang dilaksanakan masih terdapat masalah diantaranya : kurangnya pemahaman guru tentang pembelajaran berdiferensiasi, keterbatasan sumberdaya, dinamika perubahan gaya belajar siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, waktu yang terbatas dalam proses pembelajaran, dan beberapa guru yang belum memahami atau mampu mengikuti perkembangan teknologi di era digital. Dari masalah tersebut solusi yang dilakukan guru bahasa Arab untuk mengatasinya antara lain : mengadakan pelatihan dan workshop, menambah ruang digital, menggunakan media pembelajaran yang menarik, manajemen waktu yang lebih efektif, dan melakukan kolaborasi antara guru senior dan milenial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Desi Yati Wulancahyanidesi910@gmail.com06040221076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Thesis advisorSyafi'i, Syafi'isyafii2121@gmail.com2018107002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Tes Belajar
Persepsi Guru
Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi; gaya belajar siswa; pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Desi Cahyani
Date Deposited: 20 Jan 2025 08:22
Last Modified: 20 Jan 2025 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75938

Actions (login required)

View Item View Item