Efektivitas model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbasis praktikum untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains pada mata pelajaran IPA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rudat, Ilaina Alwanda (2025) Efektivitas model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbasis praktikum untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains pada mata pelajaran IPA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rudat Ilaina Alwanda_06041021058.pdf

Download (12MB)
[img] Text
Rudat Ilaina Alwanda_06041021058_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2028.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan komunikasi sains peserta didik pada materi listrik dinamis kelas IX MTsN Gresik yang termasuk dalam kategori kurang dengan persentase 34,92%. Hal ini disebabkan oleh pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah yang kurang sesuai dengan rancangan yang termuat pada modul ajar, sehingga menjadikan peserta didik kurang memiliki keterampilan komunikasi sains saat pembelajaran IPA. Oleh karena itu, peneliti melakukan saran perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbasis praktikum yang diharapkan dapat menjadi solusi pada permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini, yakni mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbasis praktikum untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen Two Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan, diantaranya tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata keterampilan komunikasi sains di kelas eksperimen > kontrol dimana kelas eksperimen mendapatkan ratarata 82,63, sedangkan kelas kontrol mendapatkan rata-rata 60,20. 2) Uji hipotesis Independent Sampel T Test yang menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan keterampilan komunikasi sains kelas ekspermen dan kontrol yang ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar < 0,001. 3) Uji N-Gain menunjukkan hasil bahwa rata-rata skor N-Gain pada kelas eksperimen > kelas kontrol dimana kelas eksperimen mendapatkan hasil 0,76 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol mendapatkan hasil 0,42 termasuk dalam kategori sedang. 4) Nilai keterampilan komunikasi sains tiap indikator pada posttest > pretest. 5) Keterlaksanaan pembelajaran apabila dilihat dari observasi aktivitas guru memperoleh jumlah skor 46 dengan rata-rata sebesar 3,80 yang dikategorikan sangat baik, sedangkan observasi aktivitas peserta didik memperoleh jumlah skor 45 dengan rata-rata sebesar 3,75 yang dikategorikan sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rudat, Ilaina Alwandarudatilainaalwanda@gmail.com06041021058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNailil, Inayahnailil.inayah@uinsa.ac.id2020068902
Thesis advisorKhoirotul, Ummahummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Pendidikan > Inkuiri
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbasis praktikum; keterampilan komunikasi sains
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Rudat Ilaina
Date Deposited: 17 Jan 2025 03:47
Last Modified: 17 Jan 2025 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76024

Actions (login required)

View Item View Item