Pengembangan multimedia interaktif google sites bermuatan socio-scientific issue untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMP Negeri 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Swastika, Ardiani Prameswari (2025) Pengembangan multimedia interaktif google sites bermuatan socio-scientific issue untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMP Negeri 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ardiani Prameswari Swastika_06021021020 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ardiani Prameswari Swastika_06021021020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi tuntutat 21st Century Skills yang berkaitan dengan keterampilan media dan teknologi, literasi ICT, serta kemampuan berpikir untuk memecahkan permasalahan (Problem Solving). Pada kenyataannya studi awal di SMP Negeri 13 Surabaya memperoleh hasil rata-rata tes kemampuan pemecahan 61,2% dengan kategori rendah. Pada pengamatan lapangan pendidik belum memanfaatkan sepenuhnya kecanggihan teknologi, belum melatihkan pemecahan masalah, dan tidak menggunakan multimedia dengan susunan dari berbagai media yang saling melengkapi. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menjelaskan proses pengembangan, kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas terkait multimedia interaktif Google Sites bermuatan Socio-Scientific Issue. Metode yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Media diuji melalui validasi ahli atau Expert Appraisal untuk mengetahui kelayakan. Kemudian diujicobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar pada kelas IX-K. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Analisis hasil menggunakan uji paired sample t-test dan uji N-gain. Hasil validasi ahli media sebesar 80% dalam kategori “valid”, validasi materi sebesar 95,5% dan validasi soal sebesar 92,5% dengan kategori ”sangat valid”. Uji kepraktisan kelompok kecil memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,2% dan pada kelompok besar 91% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai sig. 2 tailed 0,000. Hasil uji n-gain diperoleh 0,543 < 0,7 dan ≥ 0,3 berada di kategori sedang, sehingga multimedia interaktif Google Sites bermuatan Socio-Scientific Issue efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil pengembangan multimedia interaktif Google Sites dibuat dengan memperhatikan aspek pendekatan Socio-Scientific Issue, dan indikator pemecahan masalah. Aspek Socio-Scientific Issue dan indikator pemecahan masalah berada di bagian menu video pembelajaran, materi pembelajaran, e-LKPD, serta menu belajar dan bermain. Penyajian tersebut dapat memicu peserta didik untuk memahami masalah, merencanakan solusi, melaksanakan rencana, dan mengevaluasi solusi. Pada penggunaan multimedia peserta didik tidak mengalami kendala dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perolehan pretest dan postest peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Swastika, Ardiani Prameswariardi26ani@gmail.com06021021020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsby.ac.id2020068902
Thesis advisorUmmah, Khoirotulkhoirotul.ummah@uinsa.ac.id2030059104
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; multimedia; google sites; socio-scientific issue pemecahan masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: ardiani prameswari swastika
Date Deposited: 21 Jan 2025 02:38
Last Modified: 21 Jan 2025 02:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76041

Actions (login required)

View Item View Item