This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahman, Muhammad Iqbal (2025) Penerapan model pembelajaran contextual teaching of learning pada pembelajaran pendidikan agama islam bagi peserta didik disleksia di SMPN 1 Sooko, Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Muhammad Iqbal Rahman_06030121080 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Muhammad Iqbal Rahman_06030121080 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 25 February 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa SMPN 1 Sooko Mojokerto masih minim dalam melakukan adaptasi model pembelajaran, kurangnya peran orang tua dalam mendukung pembelajaran anak disleksia yang berhubungan dengan menurunnya prestasi anak disleksia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pembelajaran CTL pada pembelajaran PAI yang efektif untuk peserta didik disleksia di SMPN 1 Sooko, Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek Penelitian dalam penelitian ini sesuai dengan judul yang telah dibuat yaitu kepala sekolah, peserta didik disleksia di SMPN 1 Sooko Mojokerto yang beragama Islam serta Guru PAI yang mengajar di kelas tersebut. Sampel pada penelitian ini adalah siswa dan guru juga dengan kepala sekolah SMPN 1 Sooko Mojokerto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data (Condensation Data), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Conclusion Data). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran CTL pada pembelajaran PAI bagi siswa disleksia di SMPN 1 Sooko, Mojokerto terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman materi dan motivasi belajar siswa. Pendekatan CTL yang berbasis konteks kehidupan nyata mempermudah siswa disleksia memahami konsep-konsep PAI dengan lebih bermakna. Model ini juga mendukung gaya belajar siswa melalui media visual, kegiatan kinestetik, dan diskusi kelompok yang relevan dengan kebutuhan mereka. (2) Penerapan model pembelajaran CTL dalam pembelajaran PAI bagi siswa disleksia di tingkat SMP memberikan manfaat yang signifikan. Model ini membantu siswa disleksia memahami materi dengan lebih baik melalui pengaitan konsep dengan pengalaman nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. (3) Penerapan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran PAI bagi siswa disleksia di SMP ini menghadapi berbagai kendala. Salah satu tantangan utama adalah keterbatasan pemahaman dan kemampuan guru dalam menerapkan prinsip-prinsip CTL yang sesuai dengan kebutuhan siswa disleksia, yang sering kali disebabkan oleh kurangnya pelatihan khusus.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Penyandang Cacat Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Model Pembelajaran; Contextual Teaching Of Learning (CTL); Pendidikan Agama Islam; Peserta Didik Disleksia | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Iqbal Rahman | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2025 07:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Feb 2025 07:21 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |