This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Achmad, Ghali Ihtifazhuddin (2024) Korelasi tingkat muraja’ah hafiz al-Qur’an dengan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa program studi ilmu al-Qur’an dan tafsir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tahun 2020-2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ghali Ihtifazhuddin Achmad_07020320041.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ghali Ihtifazhuddin Achmad_07020320041_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 January 2028. Download (2MB) |
Abstract
Berbagai penelitian menyebutkan keutamaan menghafal Al-Qur’an di antaranya seseorang yang menghafal Al-Qur’an sel-sel otak dan tubuhnya akan senantiasa aktif dan lebih kuat, jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak menghafal Al-Qur’an. Sehingga orang yang menghafal Al-Qur’an lebih cepat memahami, lebih teliti, dan lebih hati-hati. Kemampuan ini akan terus terlatih seiring para hafiz Al-Qur’an mengulang secara terus-menerus hafalannya. Hafalan Al-Qur’an yang sering dikaitkan dengan peningkatan kemampuan kognitif, konsentrasi, dan disiplin yang dapat berkontribusi pada keberhasilan akademik maupun Non-Akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah terdapat korelasi tingkat muraja’ah hafiz Al-Qur’an dengan prestasi akademik dan Non-Akademik mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) UIN Sunan Ampel Surabaya. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yakni, kuesioner, observasi dan dokumentasi prestasi mahasiswa. Sementara jenis penelitian yang disajikan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian korelasi yakni suatu penelitian yang menghubungkan berbagai variabel. Hasil penelitian dengan uji chi square menunjukkan bahwa tidak ditemukan bukti empiris yang cukup kuat untuk menyatakan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat muraja'ah dengan prestasi akademik maupun non-akademik pada mahasiswa hafiz. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa uji Chi-Square hanya mengukur hubungan antara dua variabel kategorikal dan tidak memperhitungkan pengaruh variabel-variabel lain yang mungkin berperan. Selain itu, hasil penelitian ini terbatas pada sampel yang digunakan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Contextual Teaching and Learning Al Qur'an |
||||||||
Keywords: | Muraja’ah; hafiz al-Qur’an; prestasi akademik; prestasi non- akademik | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir | ||||||||
Depositing User: | Ghali Ihtifazhuddin Achmad | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:37 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:37 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76093 |
Actions (login required)
View Item |