فعالية استخدام وسيلةChain Picture بتقنية تعلم تركيب القصة المصورة لترقية مهارتي القراءة والكتابة لطلاب الفصل الثاني عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية واحدة جرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Nabilatur (2025) فعالية استخدام وسيلةChain Picture بتقنية تعلم تركيب القصة المصورة لترقية مهارتي القراءة والكتابة لطلاب الفصل الثاني عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية واحدة جرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilatur Rohmah_06020221050 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Nabilatur Rohmah_06020221050.pdf

Download (4MB)

Abstract

Teknik reka cerita gambar adalah teknik pembelajaran yang menggunakan media gambar baik itu gambar satuan atau berseri. Teknik pembelajaran ini digunakan untuk keterampilan membaca dan menulis dengan membuat paragaraf sesuai dengan struktur gramatikal dan media yang digunakan,. Media gambar yang digunakan dalam penilitian ini adalah gambar berangkai yang dinamakan media Chain Picture. Media Chain Picture melalui teknik reka cerita gambar ini untuk menyampaikan konteks serta kosakata baru secara tertulis. Penelitian ini bertujuan melalui mengetahui keefektifan penggunaan media chain picture melalui teknik reka cerita gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas 12 – 9 MAN 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen Type Quasi Experimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas 12 MAN 1 Gresik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas 12 – 9 MAN 1 Gresik sebanyak 34 orang. Uji yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Parametrik T-Test melalui uji pra-syarat Uji Normalitas. Adapun hasil penelitian adalah adanya keefektifan penggunaan media Chain Picture melalui teknik reka cerita gambar untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada pre-test dan post-test peserta didik. Pada penelitian ini data berdistribusi normal dan uji T-Test yang diperoleh adalah <0,001 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk uji keefektifan juga di uji dengan Uji N-Gain yang diperoleh yaitu nilai cukup efektif. Dengan demikian, penggunaan media Chain Picture melalui teknik reka cerita gambar cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis peserta didik kelas 12 MAN 1 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Nabilaturnabilaturr35@gmail.com06020221050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Thesis advisorNu'man, Mohammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Penggunaan media chain picture; teknik reka cerita gambar; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: NABILATUR ROHMAH
Date Deposited: 17 Jan 2025 03:13
Last Modified: 17 Jan 2025 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76115

Actions (login required)

View Item View Item