Efektivitas model pembelajaran problem posing berbantu website Wizer.me terhadap kemampuan pemecahan masalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noviyanti, Fitria Ari (2024) Efektivitas model pembelajaran problem posing berbantu website Wizer.me terhadap kemampuan pemecahan masalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Ari Noviyanti_06011021006.pdf

Download (15MB)
[img] Text
Fitria Ari Noviyanti_06011021006_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2028.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa VII di SMP Negeri 3 Pacet. Hal ini disebabkan karena guru belum pernah menerapkan model pembelajaran untuk melatih kemampuan pemecahan masalah. Adapun model pembelajaran yang diterapkan di sekolah salah satunya yaitu model pembelajaran Discovery Learning. Selain itu penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi mengakibatkan peserta didik merasa bosan serta tidak aktif dalam pembelajaran Sehingga peserta didik sering mengalami kesulitan, terutama dalam materi IPA yang melibatkan rumus-rumus perhitungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem posing berbantu wizer.me terhadap kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimental design. Desain penelitian ini menggunakan non equivalent. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pacet. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan N-gain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa model pembelajaran problem posing berbantu wizer.me efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi suhu, kalor, dan pemuaian di SMP Negeri 3 Pacet. Hal ini dibuktikan dengan keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing berbantu wizer.me dapat dikatakan efektif berdasarkan lembar aktivitas guru dengan nilai rata – rata yang diperoleh 97,69 dengan kriteria sangat baik dan berdasarkan lembar aktivitas peserta didik dengan rata – rata yang diperoleh 90,88 dengan kriteria sangat baik. Selain itu, hasil nilai tes kemampuan pemecahan masalah yang dimana pada hasil posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 84,46 dibandingkan kelas kontrol sebesar 81,46. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa rata -rata nilai postest kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen sama dengan rata- rata nilai postest kemampuan pemecahan kelas kontrol dibuktikan hasil uji memperoleh nilai signifikansi nilai alpha yaitu sebesar 0,274 < 0,05. Sedangkan N-gain pada kelas eksperimen lebih besar sebesar 0,74 termasuk kategori tinggi sementara pada kelas kontrol sebesar 0,68 termasuk kategori sedang. Hasil angket respon model pembelajaran problem posing berbantu wizer.me terhadap kemampuan pemecahan masalah memiliki respon sangat baik dan positif dengan nilai rata – rata nilai 94,15.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noviyanti, Fitria Arinovieari02505@gmail.com06011021006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati L, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com2004117403
Subjects: Guru
Persepsi Guru
Keywords: Model pembelajaran problem posing; kemampuan pemecahan masalah; Website wizer.me
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Fitria Ari Noviyanti
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:33
Last Modified: 21 Jan 2025 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76152

Actions (login required)

View Item View Item