Pendidikan agama Islam multikultural sebagai penguatan kohesi sosial di sekolah Indonesia Kuala Lumpur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salmany, Moh Rieza (2024) Pendidikan agama Islam multikultural sebagai penguatan kohesi sosial di sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Rieza Salmany_06040121112.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Moh Rieza Salmany_06040121112_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2028.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam Multikultural memiliki peran penting dalam membangun kohesi sosial di tengah populasi siswa yang beragam budaya dan agama. Penelitian ini berfokus pada Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), yang menjadi cerminan keberagaman tersebut. Tujuannya adalah menganalisis bagaimana penerapan pendidikan agama Islam multikultural dapat memperkuat kohesi sosial siswa, sehingga mereka mampu menjadi agen persatuan di masyarakat. Penelitian ini mengajukan tiga pertanyaan utama: 1)Bagaimana desain pendidikan agama Islam multikultural di SIKL ? 2) Bagaimana implementasi pendidikan agama Islam multikultural di SIKL ? 3) Bagaimana dampak pendidikan agama Islam multikultural dalam meningkatkan Kohesi Sosial di SIKL? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dilakukan penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif, mencakup kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, yang kemudian dipaparkan secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam multikultural di SIKL dirancang dengan mengintegrasikan nilai-nilai seperti toleransi, keadilan, dan kasih sayang ke dalam materi pelajaran dan kegiatan pembelajaran di dalam dan diluar kelas. Nilai-nilai ini diajarkan melalui metode interaktif, penanaman nilai, serta keteladanan. Implementasi dilakukan secara teoritis dan praktis, meskipun terdapat tantangan seperti sikap pasif siswa, dampak media sosial, dan keterbatasan waktu pembelajaran. Pendidikan ini berhasil meningkatkan kohesi sosial, tercermin dalam hubungan harmonis antar siswa dan komunitas sekolah. Pendekatan ini membangun budaya kolaboratif, toleransi, dan inklusivitas, menciptakan siswa yang mampu hidup harmonis di tengah keberagaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salmany, Moh Riezarezasalmani212@gmail.com06040121112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan Agama Islam; multikultural; kohesi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Rieza Salmany
Date Deposited: 21 Jan 2025 05:21
Last Modified: 21 Jan 2025 05:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76193

Actions (login required)

View Item View Item