Pengaruh model pebelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa di MI Sabilul Huda Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunanto, Sunanto (2024) Pengaruh model pebelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa di MI Sabilul Huda Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sunanto_D77218059.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Sunanto_D77218059_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di laksanakan di MI Sabilul Huda, Minat belajar siswa banyak mengalami penurunan, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Indikasinya iyalah masih banyak siswa yang ramai, mengantuk dan sibuk dengan dunianya sendiri. Hal tersebut di sebabkan kurangnya penggunaan medel pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan kegiatan pembelajaran konvensional dan penggunaan model Make a Match dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi Tata Surya pada siswa kelas IV Mi Sabilul Huda Kabupaten Tuban Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV MI Sabilul Huda Kabupaten Tuban menggunakan sampling yaitu kelas kontrol (IVA) dan kelas Eksperimen ( IVB ). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan perhitungan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 63,80 diperoleh dari kelas eksperimen dan sebesar 67,26 diperoleh dari kelas kontrol. Hasil uji-t dapat dilihat nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dan variabel akhir. Nilai rata rata N-Gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,48 nilai N-Gain score minimal 0,30 dan maksimal 0,70. Rata-rata nilai N-Gain untuk kelas kontrol adalah 00,7. Hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan dengan meggunakan Media Make a Match. Peningkatan hasil belajar siswa didukung oleh faktor eksternal yakni proses pendidikan yang dilakukan oleh guru menggunakan Media Make a Match yang menghasilkan inovasi baru dalam proses pembelajaran

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunanto, Sunantonanto6627@gmail.comd77218059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNur, Wakhidahnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model make a match; hasil belajar; tata surya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: sunanto sunanto
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:43
Last Modified: 21 Jan 2025 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76232

Actions (login required)

View Item View Item