This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sunanto, Sunanto (2024) Pengaruh model pebelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa di MI Sabilul Huda Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Sunanto_D77218059.pdf Download (3MB) |
|
Text
Sunanto_D77218059_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 January 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini di laksanakan di MI Sabilul Huda, Minat belajar siswa banyak mengalami penurunan, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Indikasinya iyalah masih banyak siswa yang ramai, mengantuk dan sibuk dengan dunianya sendiri. Hal tersebut di sebabkan kurangnya penggunaan medel pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan kegiatan pembelajaran konvensional dan penggunaan model Make a Match dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi Tata Surya pada siswa kelas IV Mi Sabilul Huda Kabupaten Tuban Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV MI Sabilul Huda Kabupaten Tuban menggunakan sampling yaitu kelas kontrol (IVA) dan kelas Eksperimen ( IVB ). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan perhitungan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 63,80 diperoleh dari kelas eksperimen dan sebesar 67,26 diperoleh dari kelas kontrol. Hasil uji-t dapat dilihat nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dan variabel akhir. Nilai rata rata N-Gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,48 nilai N-Gain score minimal 0,30 dan maksimal 0,70. Rata-rata nilai N-Gain untuk kelas kontrol adalah 00,7. Hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan dengan meggunakan Media Make a Match. Peningkatan hasil belajar siswa didukung oleh faktor eksternal yakni proses pendidikan yang dilakukan oleh guru menggunakan Media Make a Match yang menghasilkan inovasi baru dalam proses pembelajaran
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Minat Siswa Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Model make a match; hasil belajar; tata surya | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | sunanto sunanto | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:43 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76232 |
Actions (login required)
View Item |