Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Assa'adah Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Nur Maulidah Umi (2024) Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Assa'adah Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Maulidah Umi Faizah_06040121122.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur Maulidah Umi Faizah_06040121122_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2028.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di SMA Assa’adah dapat diterapkan untuk membentuk generasi yang tidak hanya mempunyai kecerdasan akademik, namun juga mempunyai pemahaman agama yang mendalam serta akhlak yang baik dengan fokus penelitian: 1) Menjelaskan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Assa’adah Bungah Gresik, 2) Menjelaskan respon peserta didik terhadap implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Assa’adah Bungah Gresik, 3) Menjelaskan tantangan dan kelebihan pada implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Assa’adah Bungah Gresik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini subjek terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, serta peserta didik, sedangkan objeknya adalah di SMA Assa’adah Bungah Gresik. Tahap-tahap penelitian mencakup orientasi, pengumpulan data, dan analisis data. Sumber dan jenis data pada penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Assa’adah Bungah Gresik meliputi tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyusun modul ajar dan mengikuti pelatihan melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Tahap pelaksanaan mencakup kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler. Tahap evaluasi dilakukan dengan penilaian formatif dan sumatif, 2) Respon peserta didik dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Assa’adah Bungah Gresik mendapat respon yang positif dari peserta didik. Mereka mengapresiasi fleksibilitas kurikulum merdeka yang memberikan kebebasan kepada mereka dalam memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, 3) Tantangan implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Assa’adah Bungah Gresik yang ditemukan meliputi keterbatasan referensi, kurangnya pengalaman guru dalam menerapkan kurikulum merdeka, dan fasilitas yang terbatas. Kelebihan kurikulum ini meliputi pembelajaran yang lebih sederhana, relevan, serta fleksibel dengan dukungan teknologi dan nilai-nilai Islam, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan bermakna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Nur Maulidah Umifaizahlidia903@gmail.com06040121122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Guru
Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Implementasi kurikulum merdeka; pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Maulidah Umi Faizah
Date Deposited: 21 Jan 2025 05:51
Last Modified: 21 Jan 2025 05:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76298

Actions (login required)

View Item View Item