This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muniroh, Shofiyatu Zahrotil (2025) فعالية استخدام الوسيلة التعليمية السبورة التفاعلية من خلال التدريس المتمايز لترقية مهارتي الاستماع والكلام لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ١ لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Shofiyatu Zahrotil Muniroh_06010221023 full.pdf Restricted to Repository staff only until 1 February 2028. Download (6MB) |
|
Text
Shofiyatu Zahrotil Muniroh_06010221023.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan keterampilan menyimak siswa kelas VIII MTsN 1 Lamongan 2) untuk mengetahui penerapan keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTsN 1 Lamongan 3) untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran papan interaktif terhadap pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatan keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas VIII MTsN 1 Lamongan 4) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran papan interaktif terhadap pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatan keterampilan menyimak siswa kelas VIII MTsN 1 Lamongan. 5) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran papan interaktif terhadap pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTsN 1 Lamongan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Peneliti menggunakan dua kali pengukuran yaitu sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran papan interaktif dan pembelajaran berdiferensiasi pada maharah istima’ dan kalam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F dan kelas VIII H MTsN 1 Lamongan sebanyak 55 siswa dan teknik pengambilan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes serta dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya efektivitas penggunaan media pembelajaran papan interaktif terhadap pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara yaitu berdasarkan nilai pretest pada kelas eksperimen mencapai 58،304 untuk maharah istima dan 61,114 untuk maharah kalam. Adapun nilai Pretest pada kelas kontrol mencapai 51,696 untuk maharah istima dan 57,274 untuk maharah kalam. Dan dibandigkan dengan nili hasil Posttest pada kelas eksperimen yang mencapai 78,339 untuk maharah istima’ dan 78,5714 untuk maharah kalam. Adapun nilai Posttest pada kelas kontrol mencapai 62,719 untuk maharah istima’ dan 66,8741 untuk maharah kalam. Dan hasil dari Effect Size cohen’s d menunjukkan nilai untuk keterampilan menyimak 1,426 dan keterampilan berbicara sebesar 1,233. Hal ini menunjukkan adanya efektivitas yang kuat dalam penggunaan media pembelajaran papan interaktif terhadap pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara siswa kelas VIII MTsN 1 Lamongan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Papan interaktif; pembelajaran berdiferensiasi; keterampilan menyimak; berbicara | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||||||||
Depositing User: | Shofiyatu Zahrotil Muniroh | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2025 07:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2025 07:33 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76390 |
Actions (login required)
View Item |