Pengaruh optimisme dan self-efficacy terhadap resiliensi akademik: studi pada siswa SMPN Kelas IX Surabaya dengan latar belakang broken home

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Hanifa Aliya (2025) Pengaruh optimisme dan self-efficacy terhadap resiliensi akademik: studi pada siswa SMPN Kelas IX Surabaya dengan latar belakang broken home. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifa Aliya Salsabila_11020121076 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 April 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Hanifa Aliya Salsabila_11020121076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya resiliensi akademik siswa dengan latar belakang broken home terlihat dari kondisi mereka yang tidak mampu menyelesaikan tugas akademik dengan baik hingga mengalami stres. Kemampuan resiliensi akademik membantu siswa beradaptasi dalam menghadapi permasalahan akademik agar mampu memenuhi tuntutan akademik dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh optimisme dan self-efficacy terhadap resiliensi akademik pada siswa broken home. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN Kelas IX dengan latar belakang orang tua bercerai sebanyak 272 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional dengan analisis regresi berganda. Terdapat tiga alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Academic Resilience Scale-6 (ARS-6), Life Orientation Test-Revised (LOT-R), dan Schutte Emotional Intelligence Scale (GSES). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimisme dan self-efficacy berpengaruh besar terhadap resiliensi akademik siswa broken home, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini hanya melihat pengaruh variabel optimis dan self-efficacy terhadap resiliensi akademik. Diperlukannya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui variabel lain yang juga berkontibusi besar terhadap resiliensi akademik. Selain itu, dibutuhkan penelitian secara kualitatif agar data yang diperoleh menjadi lebih representatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Hanifa Aliyahanifaaliyasa1@gmail.com11020121076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyuni, Endangendang.wahyuni@uinsby.ac.id2014127202
Subjects: Anak
Pendidikan
Psikologi
Keywords: Optimisme; self-efficacy; resiliensi akademik; broken home
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Hanifa Aliya Salsabila
Date Deposited: 11 Apr 2025 08:35
Last Modified: 11 Apr 2025 08:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76474

Actions (login required)

View Item View Item