This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rachmawati, Fitri (2009) Pengaruh pendidikan partisipatif terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Billingual Junwangi Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
D02304050 Fitri Rachmawati 2009 ok.pdf Download (4MB) |
Abstract
Ruang ideal untuk membangun dan menciptakan kesadaran ialah pendidikan.adanya proses bernalar, mencari, mengenal, mengetahui, memahami dan menggunakan menjadikan pendidikan sebagai ruang yang hidup. Subyek pendidikan adalah peserta didik, seluruh rangkaian pendidikan termasuk system belajar menempatkan peserta didik sebagai proses pendidikan. Peranan peserta didik tidak lagi duduk, diam, mendengarkan, mencatat dan pasif melainkan turut terlibat aktif dalammengemukakan gagasan, bertukar pengetahuan, sharing pengalaman, dan melakukan evaluasi diri bersama. Dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik, maka, harus memperhatikan keaktifan siswa dalam berbicara. Sehingga membutuhkan partisipatif siswa dalamproses pembelajaran. Pendidikan partisipatif adalah suatu paradigma baru dimana dalam proses pembelajaran lebih mengutamakan partisipatif siswa untuk lebih aktif dalam proses berpikir, bernalar dan berkreasi dengan cara berdiskusi dan berbagi pengalaman sehingga mereka tidak jenuh dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penjelasan di atas peneliti mengangkat judul "Pengaruh Pendidikan Partisipatif terhadap Ketrampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo". Tujuan dari penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan partisipatif terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, untuk mengetahui data tersebut penulis menggunakan beberapa teknik dalam pengumpulan data yaitu observasi, interview, dokumentasi dan angket serta nilai guru. Kemudian dianalisa dengan memakai rumus "product moment". Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa pendidikan partisipatif berpengaruh kuat terhadap keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa karena jumlah t hitung 0,826 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 1% 0,413 dan 5 % = 0,320 maka Ha diterima Ho ditolak sehingga ada korelasi yang signifikan antara penerapan pendidikan partisipatif terhadap kemahiran Berbahasa Arab di Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo. Dalam akhir skripsi ini penulis juga memaparkan beberapa saran untuk siswa agar lebih giat lagi dalam mengembangkan ketrampilan berbahasa Arab dan guru agar lebih memberi kesempatan siswa dalam mengembangkan kreasinya, dan ide- idenya serta mempersiapkan beberapa metode dan media.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||||
Keywords: | Pendidikan partisipatif terhadap keterampilan berbicara | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2025 08:30 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jan 2025 08:30 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76476 |
Actions (login required)
View Item |