This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sulthon HM, Moch Aulya (2025) Pengaruh customer relationship management terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di mi ma'arif candi sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Moch Aulya Sulthon HM_06010321015 OK.pdf Download (2MB) |
|
Text
Moch Aulya Sulthon HM_06010321015 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 23 January 2028. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer relationship management terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di MI Ma’arif Candi Sidoarjo. Teori yang digunakan dalam penelitian menggunakan Teori Philip kotler, Gary Armstrong, dan Francis Buttle yang menyatakan bahwasanya customer relationship management berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini melibatkan wali murid kelas 6 di MI Ma’arif Candi Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan teknik sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah wali murid kelas 6 MI Ma’arif Candi Sidoarjo, diambil sampel sebanyak 75 wali murid. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan presentase 83,8%. Dengan berdasar pada nilai signifikansi dari tabel coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan ini dapat diambil kesimpulan bahwa H1 diterima, sehingga dapat diartikan Customer Relationship Management (X) berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y1) di MI Ma’arif Candi Sidoarjo, (2) customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan berdasar pada nilai signifikansi dari tabel coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan ini dapat diambil kesimpulan bahwa H2 diterima, sehingga dapat diartikan Customer Relationship Management (X) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) di MI Ma’arif Candi Sidoarjo, (3) kepuasan pelanggan tidak terdapat pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Dengan berdasar pada nilai signifikansi dari tabel coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,109 > 0,05, dengan ini dapat diambil kesimpulan bahwa H3 ditolak, sehingga dapat diartikan Kepuasan Pelanggan (Y1) tidak terdapat pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) di MI Ma’arif Candi Sidoarjo. (4) customer relationship management, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan presentase 76,1%. Dengan berdasar pada nilai signifikansi dari tabel coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan ini dapat diambil kesimpulan bahwa H4 diterima, sehingga dapat diartikan Customer Relationship Management (X), Kepuasan Pelanggan (Y1) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) di MI Ma’arif Candi Sidoarjo
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen |
||||||||||||
Keywords: | Customer Relationship Management; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Moch Aulya Sulthon HM | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2025 05:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2025 05:21 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76496 |
Actions (login required)
View Item |