Pengembangan metode life skill peserta didik melalui praktik muhadloroh di kelas VII MTS Bustanul Huda Karangketug Gadingrejo kota Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Humairo', Nahda Mafazah (2024) Pengembangan metode life skill peserta didik melalui praktik muhadloroh di kelas VII MTS Bustanul Huda Karangketug Gadingrejo kota Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nahda Mafazah Humairo'_D91218149.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nahda Mafazah Humairo'_D91218149_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2028.

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan metode lifeskill atau metode keterampilan hidup menjadi bagian penting di dunia pendidikan dengan tujuan untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari. Praktik muhadloroh sebagai salah satu kegiatan pembelajaran berbasis pengalaman memiliki potensi besar dalam mengembangkan lifeskill peserta didik, khususnya dalam keterampilan komunikasi, kepemimpinan dan kepercayaan diri. Adapun fokus penelitian Berikut ini adalah hasil penelitian: (1) Seberapa baik siswa kelas VII MTs Bustanul Huda Karangketug Kota Pasuruan merencanakan pengembangan keterampilan hidup melalui praktik Muhadloroh? (2) Bagaimana penerapan praktik Muhadloroh terhadap pengembangan keterampilan hidup siswa? (3) Seberapa baik praktik Muhadloroh menilai pengembangan keterampilan hidup siswa? Memiliki beberapa hal yang dituju yaitu : (1) Untuk mengetahui bagaimana siswa kelas VII MTs Bustanul Huda Karangketug merencanakan pengembangan keterampilan hidup melalui praktik Muhadloroh. (2) Mengetahui pelaksanaan dan pengembangan life skill peserta didik melalui praktik muhadloroh. (3) Melakukan evaluasi pengembangan life skil peserta didik melalui praktik muhadloroh di kelas VII MTs Bustanul Huda Karangketug, Kota Pasuruan agar sesuai dengan hipotesis penelitian yang diharapkan.Penelitian ini menggunakan subyek penelitian peserta didik kelas VII MTS Bustanul Huda. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap pelaksanaan muhadloroh di lingkungan pendi dikan formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui muhadloroh, peserta didik mendapatkan pengalaman nyata dalam berbicara di depan umum, mengelola auidiens, menyampaikan gagasan secara terstruktur, serta belajar memimpin dan bekerjasama dalam kelompok. Dengan demikian, muhadloroh tidak hanya menjadi wahana pelatihan keterampilan berkomunikasi, tetapi juga membentuk karakter peserta didik yang tangguh, percaya diri dan memiliki kemampuan adaptasi yang baik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Humairo', Nahda Mafazahnahdamafaza99@gmail.comD91218149
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Subjects: Pendidikan
Keywords: Metode; life skills; muhadloroh
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nahda Mafazah
Date Deposited: 24 Jan 2025 02:37
Last Modified: 24 Jan 2025 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76566

Actions (login required)

View Item View Item