Hubungan latar belakang pendidikan dengan motivasi menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rismayanti, Dwi Noor (2025) Hubungan latar belakang pendidikan dengan motivasi menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Noor Rismayanti_D91219108.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Dwi Noor Rismayanti_D91219108_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 April 2028.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pendidikan mahasiswa sebelum menempuh perkuliahan dan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan dengan motivasi menjadi guru Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya. Mahasiswa yang latar belakang pendidikannya dari madrasah diasumsikan lebih mudah mengikuti perkuliahan pendidikan agama islam dibandingkan dengan mahasiswa yang latar belakang pendidikannya sekolah umum sehingga lebih termotivasi menjadi guru PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, dengan subjek penelitian yang berfokus pada mahasiswa tahun masuk 2022-2023 program studi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, survei berupa polling, angket, dan dokumentasi. Survei dilakukan untuk mengetahui gambaran umum persebaran latar belakang pendidikan mahasiswa program studi PAI di UIN Sunan Ampel Surabaya. Angket dilakukan untuk mengumpulkan data tentang latar belakang dan tingkat motivasi menjadi guru. Sedangkan analisa data yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan latar belakang pendidikan dengan motivasi menjadi guru adalah chi square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan mahasiswa terdiri dari dua kelompok, yaitu MA/MAK dan SMA/SMK. Tingkat motivasi yang dimiliki mahasiswa yang berlatar belakang MA/MAK memiliki frekuensi lebih besar dibanding yang berlatar belakang SMA/SMK. Dengan hasil uji chi square menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 yang menunjukkan bahwa ”Latar Belakang Pendidikan” memiliki hubungan dengan ”Motivasi Menjadi Guru Pada Mahasiswa PAI”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rismayanti, Dwi Noordwirisma122@gmail.comD91219108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Guru
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Keywords: Latar belakang pendidikan; motivasi menjadi guru; hubungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dwi Noor Rismayanti
Date Deposited: 15 Apr 2025 01:40
Last Modified: 15 Apr 2025 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76589

Actions (login required)

View Item View Item