Penerapan metode Mnemonic untuk meningkatkan daya ingat siswa dalam pembelajaran matematika Kurikulum Merdeka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alif, Ummina Nurus (2025) Penerapan metode Mnemonic untuk meningkatkan daya ingat siswa dalam pembelajaran matematika Kurikulum Merdeka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummina Nurus Alif_06020421059 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ummina Nurus Alif_06020421059 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2028.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya dijumpai masalah lupa dalam proses pembelajaran. Siswa sering mengalami lupa pada materi yang telah diajarkan sebelumnya, sehingga dalam menerima materi selanjutnya siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan langkah pembelajaran, aktivitas siswa, dan respons siswa pada penerapan metode Mnemonic. Serta mengetahui ada tidaknya peningkatan daya ingat siswa setelah penerapan metode Mnemonic dalam pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang diaplikasikan adalah Post-test Only Control Group. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas VIII-C sebagai kelas kontrol di SMP Wijaya Putra Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik observasi, angket respons siswa dan tes tulis daya ingat. Data hasil tes tulis daya ingat siswa diuji normalitasnya menggunakan uji Shapiro-Wilk. Kemudian diketahui bahwa data tidak normal maka data dianalisis menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterlaksanaan langkah pembelajaran dalam menerapkan metode Mnemonic mempunyai persentase keseluruhan sebesar 85,79% termasuk dalam kategori sangat baik. 2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan metode Mnemonic menunjukkan persentase sebesar 93,33% termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Respons siswa pada penerapan metode Mnemonic mendapat kategori sangat baik dengan nilai persentase sebesar 79,35%. 4) Hasil uji tes daya ingat siswa menggunakan uji statistik non parametrik berupa uji Mann Whitney menyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Mnemonic terhadap daya ingat siswa terbukti pada nilai p-value sebesar <0,001. Hal tersebut menunjukkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa daya ingat siswa yang diterapkan metode Mnemonic lebih baik daripada daya ingat siswa yang menggunakan metode pembelajaran lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alif, Ummina Nurusnurus2409alif@gmail.com06020421059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsa.ac.id2026098302
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Metode Mnemonic; Daya Ingat Siswa; Kurikulum Merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ummina Nurus Alif
Date Deposited: 30 Jan 2025 07:22
Last Modified: 30 Jan 2025 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76707

Actions (login required)

View Item View Item