This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sutrisno, Sutrisno (2009) Peran pendidikan agama dalam pembentukan tingkah laku anak jalanan di Sanggar Alang-Alang Wonokromo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Fokus utama penelitian ini adalah Peran Pendidikan Agama dalam pembentukan Tingkah Laku Anak Jalanan di Sanggar Alang-alang Wonokromo Surabaya. Lebih lanjut diuraikan dalam rumusan penelitian sebagai berikut : 1) Bagaimana Pelaksanaan pendidikan agama di sanggar alalng-alang? 2) Bagaimana tingkah laku anak jalanan di sanggar alang-alang? 3) Bagaimana peran pendidikan agama dalam pembentukan tingkah laku anak jalanan di sanggar alang-alang? Dalam rangka pencarian data, terlebih dahulu harus ditentukan informan dan subjek penelitiannya. Informan dalam penelitian ini adalah data atau seorang yang memberikan informasi atau keterangan yang berkaitan dengan kebutuhan penelitian, misalnya dalam hal ini adalah pengasuh sanggar, kaka asuh, dan anak janalan disanggar alang-alang. Sementara itu subjek dalam penelitian ini adalah H.Didih Hari Puirnomo selaku Kepala sanggar alang-alang wonokromo. data yang digunakan dengan cara mengamati dan mencatat serta sistematis gejala-gejala yang diselidiki. Metode interview (wawancara) adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara tanya jawab untuk memperoleh keterangan dalam sebuah penelitian yang dilakukan antara pewawancara dengan responden sambil bertatap muka. dan dokumentasi yang berasal dari data dokumen yang artinya barang-barang tertulis, di dalam melaksanakan metode ini peneliti mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan transkrip, internet, notulen rapat, surat kabar, majalah, agenda dokumen, buku-buku dan peraturan-peraturan. Analisis data penelitian dilakukan dengan dua tahap yaitu pertama analisis data selama di lapangan dan analisis data setelah terkumpul. Analisis data selama di lapangan dalam penelitian ini tidak dikerjakan setelah pengumpulan data selesai melainkan selama pengumpulan data berlangsung dan dikerjakan terus-menerus hingga penyusunan laporan penelitian selesai. Sebagai langkah awal, data yang merupakan hasil wawancara bebas dengan key person, dipilah-pilah dan diberi kode berdasarkan kesamaan isu, tema dan masalah yang terkandung didalamnya. Bersamaan dengan pemilihan data tersebut, peneliti memburu data baru. Proses analisis seperti ini dilakukan secara terus menerus, sehingga dapat dikatakan bahwa peneliti selalu mondar-mandir antara pengumpulan data, penyajian data, pengurangan atau penambahan data serta penarikan kesimpulan atau pemberian penilaian terhadap data yang diperoleh. Dari beberapa temuan hasil penelitian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Peranan sanggar alang-alang wonokromo dalam pembentukan tingkah laku anak jalanan sangat dibutuhkan sebagai sarana untuk meningkatkan pendidikan dan tingkah laku yang lebih baik, yang tercermi dalam tingkah laku anak jalanan yang lebih baik dan mampu menyesuaikan diri dengan norma yang ada dalam masyarakat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Anak Pendidikan > Perilaku |
||||||
Keywords: | Pendidikan Sanggar Alang-Alang; Pembentukan Tingkah Laku Anak Jalanan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 18 May 2018 02:36 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7686 |
Actions (login required)
View Item |