Strategi radio Suara Muslim Surabaya dalam meraih pendengar Gen Z melalui program lini masa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Nadifah (2024) Strategi radio Suara Muslim Surabaya dalam meraih pendengar Gen Z melalui program lini masa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadifah Salsabila_04030120069 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nadifah Salsabila_04030120069 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 February 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi apa yang digunakan oleh Radio Suara Muslim Surabaya dalam meraih pendengar gen Z melalui program Lini Masa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana program tersebut dirancang untuk meraih pendengar generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Radio Suara Muslim Surabaya menerapkan strategi-strategi yang dikemukakan oleh Susan Tyler Eastman untuk meraih pendengar generasi Z. Strategi kesesuaian dilakukan dengan menyesuaikan gaya hidup, jadwal aktivitas, dan konten siaran sesuai dengan pendengar. Strategi pembentukan ebiasaan dicapai melalui pembuatan jadwal program yang rutin dan berepisode untuk membangun rutinitas pendengar. Strategi pengontrolan arus pendengar diterapkan dengan berinteraksi dengan pendengar, menyajikan program yang bervariasi, dan melakukan evaluasi. Strategi penyimpanan sumber program dioptimalkan dengan memanfaatkan rekaman live streaming menjadi konten singkat yang diunggah di media sosial. Terakhir, Strategi daya tarik massa mencakup pembuatan konten yang menarik melalui pemilihan tema, poster, dan menghadirkan narasumber yang berpengaruh. Peneliti merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya menggali lebih dalam dengan metode penelitian yang berbeda, seperti efektivitas strategi Radio Suara Muslim Surabaya dengan fokus pada preferensi dan kepuasan Gen Z untuk meningkatkan relevansi dan daya tarik program.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Nadifahnadifahsalsabilaaa@gmail.com04030120069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Aliali.aziz@uinsby.ac.id2009065701
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Dakwah, Strategi
Komunikasi
Radio - Penyiaran
Keywords: Strategi Radio; Program Lini Masa; Pendengar Gen Z
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms. Nadifah Salsabila
Date Deposited: 04 Feb 2025 06:24
Last Modified: 04 Feb 2025 06:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76893

Actions (login required)

View Item View Item