Efektifitas penerapan metode almiftah lil ulum untuk meningkatkan keterampilan membaca kitab siswa kelas 10 di MA Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahra, Alvina (2025) Efektifitas penerapan metode almiftah lil ulum untuk meningkatkan keterampilan membaca kitab siswa kelas 10 di MA Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alvina Azzahra_06010221002.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alvina Azzahra_06010221002_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Efektivitas Penerapan Metode Almiftah Lil Ulum Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kitab Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1- Untuk mengetahui keterampilan membaca kitab siswa kelas 10 di MA Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. 2- Untuk mengetahui penerapan metode almiftah lil ulum dalam meningkatkan keterampilan membaca kitab siswa kelas 10 di MA Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. 3- Untuk mengetahui efektivitas penerapan metode almiftah lil ulum dalam meningkatkan keterampilan membaca kitab siswa kelas 10 di MA Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental pretest posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, test, dan dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Data dianalisis menggunakan uji Paired Sample Test dengan bantuan IBM SPSS 27. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1- Keterampilan membaca kitab siswa sebelum perlakuan dapat diketahui dari hasil pre-test yakni memperoleh rata-rata 30,67 dengan siswa yang memperoleh nilai kurang dari KKM cukup bayak. 2- Penggunaan metode almiftah lil ulum dijelaskan oleh peneliti terkait nahwu, shorof yang ada didalam kitab almiftah lil ulum kepada siswa dengan menyanyikan nadhom diawal, siswa diberi kesempatan untuk bertanya terkait apa yang belum difahami dan peneliti memberikan tugas yang ada dikitab secara individu, peneliti mengulas kembali terkait materi yang telah diberikan pada siswa dan semua siswa mendapatkan bagian untuk praktik membaca kitab didepan. 3- penerapan metode almiftah lil ulum terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca kiatb siswa karena nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dan siswa memperoleh nilai melebihi KKM lebih banyak. Dan setelah dilakukan uji Paired Sample Test untuk keterampilan membaca kitab dapat diperoleh hasil taraf signifikansi < 0,05, yaitu (0.001 < 0,05). Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dan diperkuat dengan hasil N-Gain untuk nilai rata- rata siswa adalah 73,794, dan ini menunjukkan bahwa metode ini efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahra, Alvinaalvina.azzahra07@gmail.com06010221002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Thesis advisorIda, Ida MiftahulIdamj@uinsa.ac.id2006088002
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Penggunaan metode almiftah lil ulum; keterampilan membaca kitab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Alvina Azzahra
Date Deposited: 22 Jan 2025 04:52
Last Modified: 22 Jan 2025 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76914

Actions (login required)

View Item View Item