This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wijayaningsih, Ika (2009) Model kepemimpinan partisipatif dalam pengembangan mutu lembaga di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kyai Hasan Mukmin Sisoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (277kB) |
||
|
Text
abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Madrasah ibtidaiyah merupakan lembaga pendidikan yang menjadi dasar utama untuk mendidik para peserta didik, guna untuk mengantarkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Serta yang mempunyai pengetahuan agama lebih unggul dibanding lembaga pendidikan yang bersifat umum.oleh karena itu, madrasah ibtidaiyah nahdlatul ulama KH. Mukmin sidoarjo dituntut ikut bertanggung jawab atas tercetaknya insan muslim yang kaffa. Untuk mencapai hal tersebut maka tidak lepas dari keberadaan suatu model kepemimpinan seorang kepala madrasah dalam suatu lembaga pendidikan yaitu madrasah ibtidaiyah nahdlatul ulama KH. Mukmin sidoarjo. Sehingga dalam hal ini figur seorang kepala madrasah dalam kepemimpinannya partisipatif dapat mewujudkan harapan lembaga. Disamping figur kepala madrasah tersebut sangat berperan penting dalam kegiatan pembelajaran di madrasah, juga turut menentukan kualitas siswa dengan mengadakan mutu lembaga yang tidak lain bisa memenuhi tuntutan masyarakat muslim pada era ini. Berpijak dari sinilah penulis ingin mengetahui konsep model kepemimpinan partisipatif, bentuk-bentuk pengembangan mutu lembaga dan bagaimnana model kepemimpinan partisipatif dalam bentuk-bentuk pengenbangan yang diadakan Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama KH. Mukmin Sidoarjo. Ada dua pendekatan yang penulis gunakan untuk menjawab permasalahan diatas yaitu, pendekatan teoritis dan empiris. Pendekatan teoritis yang dimaksud adalah untuk mengetahui konsep dasar kepemimpinan partisipatif, bentuk-bentuk pengembangan mutu lembaga dan model kepemimpinan partisipatif dalam bentuk-bentuk pengembangan mutu lembaga. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu data yang diperoleh dari lapangan dengan menggunakan metode interview dan dokumenter.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa Ibu Nurul Hamamah, S.Ag adalah seorang kapala sekolah madrasah yang baik dan menonjol dengan model kepemimpinan partisipatif yang mana dapat terlihat dari sifat-sifat dalam kehidupan sehari-harinya: adil, bijaksana dan penuh perjuangan sehingga mampu menggerakkan bawahannya untuk menyelenggarakan pendidikan dan melakukan pengembangan mutu lembaga.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan | ||||||
Keywords: | Model Kepemimpinan Partisipatif; Pengembangan Mutu Lembaga | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 23 May 2018 05:03 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7693 |
Actions (login required)
View Item |