Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berstandar pisa ditinjau dari tingkat berpikir kritis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ananda, Baila suci (2024) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berstandar pisa ditinjau dari tingkat berpikir kritis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Baila Suci Ananda_D74219017.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Baila Suci Ananda_D74219017_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2028.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan potensi yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan permasalahan dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran matematika, pemecahan masalah dirasa sangat penting. Siswa dilatih bukan hanya untuk memahami, tetapi dilatih agar bisa memecahkan suatu masalah tingkat tinggi yakni PISA. Selain itu, kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari tingkat berpikir kritis siswa tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini 2 siswa dengan kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi, 2 siswa dengan kemampuan berpikir kritis tingkat sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan berpikir kritis tingkat rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara berbasis tugas. Hasil data wawancara berbasis tugas selanjutnya dipaparkan dan dianalisis berdasarkan indikator pemecahan masalah. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut : (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika berstandar PISA oleh siswa berpikir kritis tingkat tinggi menunjukkan bentuk ketercapaian indikator pemecahan masalah Polya yakni, mampu memahami masalah, kurang mampu merencanakan penyelesaian, mampu melaksanakan rencana penyelesaian, dan mampu memeriksa kembali penyelesaian. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika berstandar PISA oleh siswa berpikir kritis tingkat sedang menunjukkan bentuk ketercapaian indikator pemecahan masalah Polya yakni, kurang mampu memahami masalah, kurang mampu merencanakan penyelesaian, mampu melaksanakan rencana penyelesaian, dan tidak mampu memeriksa kembali penyelesaian .(3) Kemampuan pemecahan masalah matematika berstandar PISA oleh siswa berpikir kritis tingkat rendah menunjukkan bentuk ketercapaian indikator pemecahan masalah Polya yakni, kurang mampu memahami masalah, tidak mampu mampu merencanakan penyelesaian, tidak mampu melaksanakan rencana penyelesaian, dan tidak mampu memeriksa kembali penyelesaian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ananda, Baila sucibailaasuci123@gmail.comD74219017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; PISA; berpikir kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Baila Ananda
Date Deposited: 06 Feb 2025 07:10
Last Modified: 06 Feb 2025 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76966

Actions (login required)

View Item View Item