Pengembangan instrumen penilaian proyek untuk mengukur kompetensi keterampilan siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Nuzula (2024) Pengembangan instrumen penilaian proyek untuk mengukur kompetensi keterampilan siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuzula Aulia_D04219011 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2028.

Download (8MB)
[img] Text
Nuzula Aulia_D04219011 OK.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran Project Based Learning, mayoritas pendidik merasa terdapat kurangnya sosialisasi serta minimnya contoh instrumen penilaian autentik berupa penilaian proyek sebagaimana seperti yang diharapkan pada pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Sebagian besar guru atau pendidik merasa bingung dan kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian proyek. Adanya beberapa perubahan bentuk penilaian membuat pendidik kesulitan dalam mengimbangi dan mengimplementasikan penilaian autentik, sehingga hal tersebut berdampak pada kualitas penilaian yang dilakukan oleh pendidik itu sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas instrumen penilaian proyek yang digunakan untuk mengukur kompetensi keterampilan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase, yakni (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, dan (4) fase evaluasi dan revisi. Uji coba instrumen dilakukan di kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 4 Surabaya yang terbagi dalam 9 kelompok secara heterogen dan sembilan penilai/ rater. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa laporan tugas proyek siswa dan hasil penilaian proyek siswa oleh 9 penilai/ rater. Analisis validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas kontruk yang diperoleh dari penilaian validator dan validitas empiris jenis Exploratory Factor analysis metode principal component dan analisis reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan metode reliabilitas inter-rater menggunakan ICC (Intraclass Correlation Coefficient). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis uji validitas para ahli, menunjukkan bahwa instrumen memiliki kualitas yang baik karena memiliki nilai RTV 3,83, nilai tersebut menunjukkan bahwa instrument penilaian yang dikembangkan peneliti termasuk dalam kategori valid. Validitas empiris dengan analisis faktor menggunakan SPSS 30 metode Intraclass Correlation Coefficient (ICC) menunjukkan nilai KMO-MSA sebesar 0,519 dengan signifikasi 0.002, dan keempat variabel yang diujikan menunjukkan nilai di atas KMO-MSA. Berdasarkan nilai tersebut, instrumen penilaian proyek terkategori valid dan baik untuk diimplementasikan. Adapun reliabilitas instrumen penilaian yang dikembangkan dinyatakan reliabel dengan rata-rata kesepakatan antar rater sangat baik, yaitu 0,758. Sedangkan nilai reliabilitas data untuk satu orang rater konsistensinya adalah 0,25.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Nuzulanuzulaauliaaa@gmail.comD04219011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com dan parto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Keywords: Instrumen Penilaian Proyek; Validitas; Reliabilitas Intraclas; Correlation Coefficient (ICC)
Depositing User: Nuzula Aulia
Date Deposited: 30 Apr 2025 07:53
Last Modified: 30 Apr 2025 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77028

Actions (login required)

View Item View Item