This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rosidah, Iffatur (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions(STAD) untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Iffatur Rosidah_D04218003.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Iffatur Rosidah_D04218003_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 6 February 2028. Download (8MB) |
Abstract
Berpikir kreatif merupakan suatu proses yang digunakan ketika seorang individu mendatangkan atau memunculkan suatu ide baru. Berpikir kreatif memiliki 3 indikator diantaranya kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Proses berpikir kreatif juga sering dikaitkan dengan aktivitas pemecahan masalah dikarenakan dalam memecahkan masalah. Adapun salah satu model pembelajaran yang tepat dan cocok yang dapat dipilih guru untuk membantu peserta didik memiliki kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika agar lebih baik adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks selama proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 2) mendeskripsikan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 3) mendeskripsikan respons peserta didik selama proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 4) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas IX-B SMP Al-Khairiyah yang terdiri dari 12 peserta didik yang diberikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. Instrumen pengumpulan yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan sintaks, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar angket respons peserta didik, dan lembar tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik, rata-rata, dan angket. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) keterlaksanaan sintaks selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk sangat baik dengan rata-rata 96,425%. 2) aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh persentase aktivitas peserta didik yang mendukung KBM sebesar 92% dan persentase aktivitas peserta didik tidak mendukung KBM sebesar 8%. 3) respons peserta didik terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh rata-rata persentase 77,49% dengan kriteria baik. 4) Kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mendapatkan persentase sebesar 43,78% dalam kategori cukup, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah matematika.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Student Team Achievement Divisions (STAD); kemampuan berpikir kreatif; memecahkan masalah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Iffatur Rosidah | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2025 02:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 02:41 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |