Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berbasis etnomatematika dibedakan dari gaya belajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusna, Muthli'atul (2025) Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berbasis etnomatematika dibedakan dari gaya belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muthli'atul Khusna_D94218058.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Muthli'atul Khusna_D94218058_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2028.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan elemen krusial dalam pembelajaran matematika, karena memungkinkan siswa untuk berpikir logis, menganalisis informasi, dan menemukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan ini adalah melalui masalah kontekstual berbasis etnomatematika, yang mengintegrasikan konsep matematika dengan budaya lokal. Namun, gaya belajar siswa yang beragam, seperti visual, auditorial, dan kinestetik, memengaruhi cara mereka memahami dan menyelesaikan masalah. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah kontekstual berbasis etnomatematika serta perbedaannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada siswa kelas XII di MAN 2 Bojonegoro. Subjek penelitian terdiri atas enam siswa, masing-masing dua siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, yang dipilih berdasarkan hasil tes gaya belajar dan pertimbangan dari guru matematika. Teknik pengumpulan dan analisis data yang digunakan adalah wawancara berbasis tugas kemudian analisis tugas penyelesaian masalah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa serta analisis hasil wawancara untuk mendapatkan informasi lebih mendalam terkait dengan kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis pada tahap Polya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah kontekstual berbasis etnomatematika memenuhi empat indikator kemampuan penalaran matematis yaitu, menyajikan pernyataan matematika melalui tulisan, gambar, sketsa atau diagram; menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan/bukti terhadap kebenaran solusi; menarik kesimpulan dari pernyataan; dan memeriksa kesahihan suatu argumen, namun kurang sempurna pada indikator mengajukan dugaan terhadap penyelesaian masalah. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial hanya mampu memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu, menyajikan pernyataan matematika melalui tulisan, gambar, sketsa atau diagram; menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan/bukti terhadap kebenaran solusi; dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik memiliki kemampuan penalaran matematis yang berbeda. Siswa visual mengidentifikasi informasi melalui tulisan yang dilengkapi penjelasan lisan, siswa auditorial mengidentifikasi informasi dengan rinci secara lisan namun menuliskannya singkat, sedangkan siswa kinetetik mengidentifikasi informasi dengan tulisan singkat dengan penjelasan lisan. Dalam mengajukan dugaan penyelesaian siswa visual berdasarkan gambar parabola, siswa auditorial langsung dari masalah, sedangkan siswa kinestetik mengajukan dugaan setelah mencatat informasi dari masalah. Dalam memeriksa kesahihan suatu argumen, siswa visual dan kinestetik menggunakan uji titik untuk memastikan kebenaran hasil penyelesaiannya, sedangkan siswa auditorial memastikan kebenaran melalui penjelasan tanpa melakukan uji titik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusna, Muthli'atulmuthliatulkhusna03@gmail.comD94218058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Penalaran matematis; masalah kontekstual; etnomatematik; gaya belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muthli'atul Khusna
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:07
Last Modified: 06 Feb 2025 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77032

Actions (login required)

View Item View Item